Waduh, Bomber Rusia Terbang di Udara Eropa, Norwegia dan Inggris Kirim Pesawat Tempur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pesawat bomber berjenis Tupolev yang dikenal Tu Bear milik Rusia menghebohkan Eropa Utara karena melakukan penerbangan di wilayah udara internasional Greenland-Islandia dan Inggris.

Bomber yang diduga spesialis antikapal selam tersebut mengejutkan militer Kerajaan Norwegia saat terdeteksi pengawas lalu-lintas udara di Sorreisa, utara Norwegia, Minggu 8 Maret 2020.

Angkatan Udara Kerajaan Norwegia itu mengerahkan satu pesawat tempur canggih F-35A milik yang merupakan debutnya dalam mengintersep pesawat lain.

F-35A
F-35A (wikipedia)

Pesawat antikapal-selam tersebut berjumlah dua buah. Diduga berjenis Tu-142MK dan Tu-142MR. Keduanya dikawal satu MiG-31.

Setelah meninggalkan udara Norwegia, dua bomber tersebut diintersep dua jet tempur Eurofighter Typhoon milik Kerajaan Inggris.

Eurofighter Typhoon
Eurofighter Typhoon. (wikipedia)

Hingga kini tidak diketahui pasti alasan Tu Bear tersebut melintas dari utara ke selatan Eropa. Namun juru bicara Royal Air Force (RAF) menyatakan Rusia memang sering melakukan penerbangan di jalur udara internasional tersebut.

RAF bahkan menganggapnya intersep tersebut merupakan pekerjaan rutin mereka bersama sekutu NATO terhadap pesawat-pesawat Rusia yang melintas dekat wilayah udara mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini