Usai Bertemu, Presiden Jokowi Akan Tunggu Kedatangan PM Kishida di KTT G20 Bali

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYO – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan sejumlah pembicaraan dengan Perdana Menteri Fumio Kishida di Tokyo, Rabu 27 Juli 2022.

Saat akan mengakhiri pernyataannya pada konferensi pers bersama di Kantor PM Jepang, Presiden Jokowi menunggu PM Kishida di KTT G20 Bali, November nanti.

“Terima kasih Perdana Menteri Kishida. Sampai berjumpa di KTT G20 di Bali,” ujar Presiden Jokowi.

Sementara beberapa hal yang dibahas dengan PM Kishida antara lain sepakat menyelesaikan dan menandatangani protokol perubahan IJEPA pada KTT G20 di Bali, November 2022.

Selain itu, secara khusus Presiden Jokowi meminta Jepang dapat memberikan dukungan penurunan tarif untuk beberapa produk antara lain tuna, pisang, dan nanas serta akses pasar untuk produk mangga.

Dalam bidang investasi, Presiden Jokowi menyambut baik sejumlah investasi baru Jepang di Indonesia, dan menghargai proyek-proyek yang diselesaikan tepat waktu.

Presiden juga mengundang investasi baru Jepang lainnya di berbagai bidang seperti mempercepat penyelesaian proyek MRT Jakarta North-South Fase II dan East-West Fase I.

Begitu juga, Kawasan Industri Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban dan Jalan Tol Akses Patimban, dan komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela.

Presiden Jokowi juga mendorong dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi baru Jepang untuk beberapa proyek strategis Indonesia.

Terutama untuk hilirisasi komoditas alam, pengembangan mobil dan motor listrik, serta sektor kesehatan dan pangan.

Jokowi juga mengajak Jepang mendukung percepatan pencapaian target net zero emission Indonesia melalui advokasi teknologi inovatif seperti teknologi hidrogen dan amonia.

Presiden Jokowi juga menawarkan kerja sama yang lebih intensif untuk pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Jepang.

Dia berharap dukungan Jepang dalam menyiapkan tenaga kerja yang akan bekerja di Jepang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini