Unik! Penduduk di Desa Ini Wajib Tanam Seratus Pohon Jika Melahirkan Bayi Perempuan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Memiliki seorang bayi setelah menikah memang menjadi momen paling membahagiakan. Bahkan ada beberapa perayaan yang dilakukan jika seseorang melahirkan seorang bayi.

Seperti tradisi unik yang dilakukan oleh sebuah desa bernama Piplantri di India. Desa ini mewajibkan menanam 111 pohon jika seorang bayi perempuan lahir. Hal itu dilakukan untuk menyambut dan merayakan bayi penduduk desa telah bertambah.

Tradisi unik itu pun membuat Desa Piplantri menghebohkan jagat internasional. Pasalnya, menanam 111 pohon dianggap merupakan hal yang tidak mudah. Namun, penduduk desa tersebut sanggup melakukan hal tersebut untuk menghormati bayi perempuan yang telah lahir.

Mengutip The Guardian, tradisi tersebut pertama kali digagas oleh mantan kepala desa Piplantri, Shyam Sundar Paliwal. Awalnya, putri Paliwal pada saat itu meninggal di usia 16 tahun. Untuk menghormati putrinya, ia pun menanam sebuah pohon.

Pohon tersebut dianggap sebagai simbol duka cita mendalam Paliwal kepada putrinya itu. Sejak saat itulah, tradisi menanam 111 pohon dilakukan untuk menyambut setiap bayi perempuan yang baru lahir.

Selain itu, desa itu juga memiliki tradisi unik lainnya. Pihak keluarga yang melahirkan bayi perempuan diwajibkan memberi dana 500 dolar atau sekitar Rp 7 juta kepada pihak desa.

Hal itu dilakukan sebagai dana untuk masa depan sang bayi perempuan tersebut. Tak hanya itu, uang tersebut dianggap sebagai simbol bahwa bayi itu bukanlah sebuah beban bagi keluarga.

Akibat tradisi itu, wilayah Desa Piplantri memiliki hutan luas karena setiap tahunnya 60 bayi perempuan pasti lahir di desa tersebut. Itu artinya, desa tersebut telah menanam hampir 7000 pohon untuk merayakan kelahiran bayi perempuan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini