Ungkapkan Rasa Duka, Jokowi Kirim Menteri Basuki ke Masamba

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Presiden Jokowi menyampaikan rasa duka citanya terhadap korban jiwa, luka maupun mengungsi akibat banjir bandang di Kecamatan Masamba, Sulawesi Selatan.

“Dukacita yang mendalam atas jatuhnya korban jiwa karena bencana banjir bandang di Kecamatan Masamba, Luwu Utara, Senin lalu,” ujar Jokowi yang dikutip Jumat 17 Juli 2020.

Dia menegaskan telah memerintahkan Menteri PUPR untuk memulihkan kondisi Masamba dan melakukan penanganan darurat di sana.

Sementara, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menunjuk dua BUMN yakni PT Brantas Abipraya dan PT Hutama Karya untuk penanganan darurat bencana banjir di Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan.

Menurutnya, daerah terdampak paling parah dirasakan warga yang berada di bantaran Sungai Radda. Untuk itu rumah-rumah yang berada di bantaran bahkan palung sungai harus direlokasi sebagai bagian normalisasi sungai. Relokasi akan bekerja sama dengan Pemkab Luwu Utara.

Menteri PUPR menginstruksikan agar lumpur pasir yang dibersihkan dari permukiman tersebut dikumpulkan dan dimasukkan ke gerobak untuk dimanfaatkan menjadi tanggul sementara di bantaran tiga sungai (Rongkong, Radda dan Masamba) agar tidak terjadi luapan material dari sungai-sungai tersebut saat terjadi hujan di hulu.

Menurut Menteri PUPR, dari analisis sementara melihat banyaknya lumpur pasir segar yang menutup Kota Masamba, perkiraan penyebab bencana banjir bandang adalah terbendungnya alur sungai di hulu lalu longsor, karena curah hujan yang tinggi mendekati 220 mm per hari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini