Ukraina Tolak Bertanggung Jawab Atas Serangan di Gudang Bahan Bakar Rusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, KIEV – Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan udara terhadap depot bahan bakarnya yang terletak di Kota Belgorod pada Jumat (1/4). Kremlin mengatakan bahwa insiden ini dapat memengaruhi pembicaraan damai.

Namun, kabar tersebut langsung ditepis oleh pejabat tinggi keamanan Ukraina dengan mengatakan bahwa Kiev tidak bertanggung jawab atas serangan udara di kota Belgorod.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan dua helikopter Ukraina menghantam fasilitas di Belgorod – sekitar 35 km dari perbatasan dengan Ukraina, setelah memasuki Rusia pada ketinggian yang sangat rendah sekitar pukul 5 pagi waktu Moskow.

Namun, pejabat tinggi keamanan Ukraina menolak tuduhan Rusia – yang pertama kali dilayangkan oleh Moskow mengenai serangan udara di tanah Rusia sejak meluncurkan invasi pada 24 Februari 2022.

“Untuk beberapa alasan mereka mengatakan bahwa kami melakukannya, tetapi menurut informasi kami ini tidak sesuai dengan kenyataan,” kata Sekretaris Dewan Keamanan Oleksiy Danilov di televisi nasional Ukraina.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina, Oleksandr Motuzyanyk mengatakan dia tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal peran Ukraina dalam serangan itu.

“Ukraina saat ini sedang melakukan operasi pertahanan terhadap agresi Rusia di wilayah Ukraina, dan ini tidak berarti bahwa Ukraina bertanggung jawab atas setiap bencana di wilayah Rusia,” ucapnya.

Api yang dihasilkan dari serangan tersebut memaksa evakuasi beberapa orang. Kemudian, pada sore hari Walikota Belgorod, Anton Ivanov mengatakan dinas pemadam kebakaran sedang memadamkan sisa-sisa terakhir.

“Tidak ada ancaman bagi kehidupan dan kesehatan manusia. Semua warga dapat kembali ke rumah masing-masing,” kata Walikota Anton Ivanov dalam sebuah unggahan online, melansir abc,net.au, Sabtu, 2 April 2022.

Sebagai informasi bahwa Belgorod adalah salah satu pusat logistik utama Rusia untuk perang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini