UI Jelaskan Lonjakan Harta Kekayaan Rektor Ari Kuncoro yang Mencapai Rp35 Miliar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Gara-gara tertangkapnya Rektor Universitas Lampung (Unila) yang melakukan praktik korupsi, sejumlah rektor mulai disoroti harta kekayaanya.

Salah satunya adalah Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) termasuk yang kritis dan menyoroti lonjakan harta kekayaan Ari Kuncoro yang mengalami peningkatan drastis sejak tiga tahun terakhir.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), harta kekayaan Rektor UI, Ari Kuncoro naik Rp 35 miliar. Dan ini hanya dalam kurun waktu tiga tahun.

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia menjelaskan soal kenaikan harta kekayaan rektor UI. Menurutnya setiap tahun rektor dan semua penyelenggara negara, serta semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan UI, melaporkan harta kekayaannya kepada KPK.

Amelita menyebut bahwa pelaporan harta kekayaan tersebut merupakan salah satu perwujudan komitmen UI untuk menghindari atau mencegah korupsi. Dan melaksanakan prinsip-prinsip birokrasi bersih melayani.

”Sejauh ini, tidak ada temuan KPK sebagai lembaga yang memiliki kewenangan untuk menerima, mengkaji, dan menilai laporan Penyelenggara Negara (LHKPN). Dan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) di lingkungan UI,” ujarnya, Senin 29 Agustus 2022.

Ia menjelaskan bahwa istri Rektor UI yaitu Lana Soelistianingsih  merupakan Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), dan harta kekayaan Ari Kuncoro bergabung dengan sang istri.

“Sebelumnya, Ibu Lana berkarier di PT Samuel Sekuritas Indonesia sejak September 1996. Pada 2003, Ibu Lana menjabat sebagai asisten peneliti untuk Boston Institute of Economic Development (BIDE) di Lexington, MA, USA. Sejak 1 Oktober 2013,” katanya.

Kemudian, menurut Amelita, Lana menjadi Direktur sekaligus sebagai Kepala Riset dan Ekonom di PT Samuel Aset Manajemen (SAM). ”Selain berkarier di SAM, Ibu Lana juga mengajar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia sejak 1991. Kemudian Ibu Lana ditunjuk oleh Presiden sebagai Kepala Eksekutif LPS (menggantikan Bapak Fauzi Ichsan) pada 2020, berdekatan dengan Prof. Ari menjadi Rektor UI,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini