Udav, Pistol Tersadis di Dunia yang Bisa Tembus Plat Baja

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Dominasi pistol Makarov di dunia militer ataupun keamanan dunia tampaknya bakal segera berakhir. Pasalnya, telah hadir pistol pengganti, yakni Udav.

Sebuah pistol yang baru mampu menembus pelat lapis baja setebal 4 mm dari jarak 50 meter. Nantinya, pistol ini pun akan bersaing dengan PL-15 Kalashnikov untuk menjadi senjata dasar baru pasukan Rusia.

Udav diprouksi biro desain industri Rusia TsNIItochmash. Mereka juga telah meluncurkan model baru pistol CP-2 Udav.

Varian terbaru Udav tersebut dirancang untuk selongsong peluru 9 x 21 mm yang lebih kuat. Dalam hal amunisi, pistol Udav juga mengalahkan Yarigin dan Makarov.

Ketika ditembakkan dengan peredam, amunisi subsoniklah yang digunakan. Amunisi itu memiliki daya tembus jauh lebih tinggi daripada peluru standar.

Spesifikasi

Pistol ini dibuat dengan rangka berbentuk T yang klasik, termasuk sebuah gagang dan penutup breechblock geser. Dalam pegangan dan rangkanya, para perancang menggunakan banyak polimer.

Sementara untuk case, breechblock dan magazen pistol yang sepenuhnya terbuat dari logam. Senjata ini dikenal menggunakan sistem laras ayun. Jadi, penguncian terjadi melalui interaksi antara flensa laras dan slot pelepasan sarung selongsong peluru.

Pistol ini juga memiliki pelatuk aksi ganda tipe revolver, dengan isi magazen 18 peluru untuk amunisi kaliber 9 x 21 mm. Semua fitur pengendaliannya berada pada satu sisi.

Untuk peredam, pistol baru ini dibuat pada pencetak 3D, sedangkan di bagian bawah pistol terdapat bilah untuk aksesori taktis, seperti senter dan laser penunjuk target.

Pistol Udav sedikit lebih berat daripada Makarov (730 vs 780 gram), tetapi recoil atau gaya tolak baliknya sama.

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini