Tren Penurunan Bunga Bank Masih Berlangsung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tren penurunan bunga di perbankan masih bisa berlanjut untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini disampaikan etua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa. ”Ini akan terus kami pertahankan. Sehingga tren penurunan bunga masih bisa berlangsung. Kuncinya adalah supply uang yang ada di sistem keuangan cukup,” ujarnya, Jumat 31 Desember 2021.

Selama pandemi Covid-19, LPS sudah menurunkan Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) hingga mencapai level terendah sepanjang sejarah. LPS mengharapkan penurunan TBP dapat membantu bank menurunkan cost of fund yang kemudian turut mendorong penurunan suku bunga kredit.

”Suku bunga kredit untuk konsumsi sudah turun ke angka 10,6 persen, untuk modal kerja sekitar 8,85 persen dan untuk investasi ke level 8,5 persen. Menurut pemantauan kami grafiknya turun terus dari bulan ke bulan,” kata Purbaya.

Selain itu, Purbaya juga yakin ekonomi Indonesia akan terus tumbuh. Hal itu dapat dilihat dari Purchasing Manager Index (PMI) Indonesia yang sudah berada pada level ekspansif, bahkan terbaik di ASEAN-7.

Meski begitu, ia menilai pertumbuhan ekonomi tersebut masih membutuhkan dorongan untuk melaju lebih cepat lagi.

Salah satu langkahnya kata Purbaya, dengan menjaga suku bunga penjaminan LPS pada level yang tetap memberikan ruang terhadap suku bunga simpanan untuk berada pada level yang rendah.

Dengan begitu kata dia, suku bunga pinjaman dapat melanjutkan tren penurunan yang sedang terjadi saat ini.

“Tentu saja hal ini dilakukan dengan tetap memperhatikan perkembangan stabilitas sistem keuangan dan likuiditas perbankan,” ucapnya.

Di sisi lain, Purbaya mengingatkan adanya risiko di sistem keuangan yang perlu diantisipasi pada tahun 2022. Risiko tersebut yaitu kenaikan kembali kasus Covid-19 global, akibat penyebaran varian Omicron.

“Pengamatan kami melihat bahwa dampak Covid-19 ini diperkirakan akan semakin kecil ke depan, karena kami melihat pemerintah saat ini sudah bisa mengendalikan dengan baik. Yang terpenting, kita semua tetap waspada dan jangan lengah,” kata dia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini