Transformasi Digital Mendorong Bangkitnya Sektor Ekonomi Produktif

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Akselerasi transformasi digital mendorong bangkitnya sektor ekonomi produktif di masa pasca pandemi.

Untuk itu, saat ini Pemerintah telah berupaya melakukan pembangunan infrastruktur teknologi dan sains sebagai katalisator dalam percepatan transformasi digital.

Pembangunan infrastruktur teknologi diimplementasi dengan berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN) seperti peningkatan jaringan infrastruktur internet melalui PSN Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur yang telah beroperasi melayani lebih dari 514 Kabupaten dan Kota.

Selain itu, pembangunan juga dilakukan pada Proyek Satelit Multifungsi Satria dengan target kapasitas utama sebesar 150 Gb/detik dan backup sebesar 80 Gb/detik guna meningkatkan kapasitas jaringan backbone Palapa Ring dan Non-Palapa Ring yang menjangkau lebih dari 82.000 Desa/Kelurahan di seluruh Indonesia.

“Peningkatan akses terhadap jaringan internet tersebut tidak lupa memerlukan keseimbangan dengan pemahaman atas literasi digital yang mumpuni,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Sejalan dengan pengembangan jaringan telekomunikasi di berbagai wilayah tersebut, Pemerintah juga turut memperhatikan tingkat pemahaman literasi digital masyarakat sehingga diharap dapat memanfaatkan infrastruktur digital yang telah dikembangkan dengan baik.

Hal itu ditunjukkan melalui upaya pengembangan PSN di bidang Pendidikan dan Sains seperti Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang dirancang sebagai kampus masa depan untuk mendukung peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berkualitas di era digital tanpa melupakan akhlak kebangsaan.

Selain pengembangan jaringan telekomunikasi, Pemerintah juga melakukan pengembangan Data Center di KEK Nongsa, Batam yang direncanakan mampu menghemat devisa negara dalam bisnis digital sebesar Rp20 triliun hingga Rp30 triliun per tahun serta mampu meningkatkan perekonomian lokal maupun domestik dengan menarik minat investor untuk berinvestasi di Data Center Nongsa Digital Park tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antonius Fokki Ardiyanto Anggota DPRD Kota Yogya Tertarik Posisi Calon Wakil Wali Kota Yogyakarta

Mata Indonesia, Yogyakarta - Antonius Fokki Ardiyanto atau sapaan akrabnya Fokki yang saat ini masih aktif sebagai Anggota DPRD Kota Yogyakarta telah melakukan pendaftaran diri Bakal Calon Wakil Wali Kota Yogya, melalui PDI Perjuangan Jumat (3/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini