Topan Nanmadol Obrak Abrik Sebagian Wilayah Jepang

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYO – Pulau Kyushu di Jepang luluh lantak di obrak abrik Topan Nanmadol pada Minggu 18 September 2022.

Imbas insiden ini, kereta api tak beroperasi dan semua toko tutup.

Merespons topan itu, Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyatakan topan ini bisa membawa curah hujan yang tinggi, dan memicu air sungai meluap hingga tanah longsor.

Reuters melaporkan JMA menerangkan Pulau Kyushu bisa mengalami curah hujan hingga 550 mm dan hembusan angin hingga 250 kilometer.

Sebelumnya, pihak berwenang Jepang mengeluarkan perintah evakuasi bagi warga yang tinggal di Kagoshima, Kumamoto, dan Miyazaki.

Pemerintah mengimbau warga berpindah ke tempat seperti penampungan atau tempat aman lain, menyusul cuaca ekstrem yang melanda Negeri Sakura.

Instruksi itu muncul usai JMA mengeluarkan peringatan tertinggi untuk wilayah Kagoshima. Selain itu, peringatan khusus topan ini merupakan yang pertama untuk wilayah di luar Okinawa sejak 2013.

JMA mengklasifikasikan Topan Nanmadol dalam kategori brutal. Badan Peringatan Topan Gabungan Angkatan Laut Amerika Serikat sampai-sampai menyebut topan ini sebagai topan super. Sejumlah rute penerbangan regional termasuk Kagoshima, Miyazaki, dan Kumamoto juga dibatalkan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini