Tingkatkan Kualitas Kader, Perkumpulan Mahasiswa Solor Gelar Latihan Kepemimpinan

Baca Juga

MATA INDONESIA, KUPANG – Kelompok Mahasiswa (KEMAH) Nusa Solor-Kupang gelar kegiatan Latihan Kepemimpinan (HAPEN). Kegiatan ini digelar dari 14-16 Mei 2022 di Sekretariat Kemah Nusa Solor-Kupang, Jalan Taebenu no.24 Penfui, Kota Kupang.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Meningkatkan Kapasitas Kader Dalam Membangun Jiwa Kepemimpinan Organisasi Yang Berkarakter Dan Berkualitas”. Dihadiri oleh seluruh anggota aktif, senior/alumni dan orangtua Kema-Solor Kupang.

Ketua panitia pelaksana Arel Aran mengatakan bahwa hal yang menjadi dasar dari kegiatan ini adalah upaya wajib untuk menjalankan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga.

“Hapen merupakan salah satu jenjang pembinaan formal organisatoris, yang mana kegiatan ini diarahkan pada peningkatan kapasitas dan intelektualitas anggota dan juga menyiapkan kader Kemah Solor untuk menjadi pemimpin yang berkualitas dan berkarakter,” ujarnya dalam rilis Rabu 18 Mei 2022.

Sementara Ketua Umum Kemah Nusa Solor, Yohanes Koten menjelaskan bahwa kemah Solor sebagai salah satu wadah pembinaan dan perjuangan untuk mendedikasikan diri bagi Lewotana ataupun bagi anggotanya.

“Komitmen kaderisasi harus di bangun secara bertahap sebab seiring berjalannya waktu, saya melihat dari sisi internal Kemah Nusa Solor sendiri, ada penurunan jumlah anggota bukan hanya dari segi kuantitas tetapi juga secara kualitas, sehingga perlu adanya konsisten untuk membentuknya kembali di momentum kali ini,” katanya.

Ia pun berharap agar Hapen ini dapat membantu peserta dan anggota untuk meningkatkan intelektualitas dan kualitasnya masing-masing.

“Dan juga bisa memiliki karakter pemimpin yang adaptif dan efektif serta multi perspektif dalam pengambilan keputusan dalam organisasi,” ujarnya.

Selanjutnya Perwakilan Alumni Kemah Solor Arni Niron mengucapkan terima kasih kepada badan pengurus dan seluruh civitas Kemah Nusa Solor yang telah melanjutkan organisasi ini dengan segala tantangan yang ada.

“Sebagai alumni, kami bersyukur dan merasa senang karena organisasi ini terus berjalan dengan berbagai konsekuensi dan hal ini dapat memberikan pelajaran kepada adik-adik untuk berkembang ke arah yang lebih baik,” katanya.

Ia pun menambahkan bahwa dalam latihan kepemimpinan beberapa hari ini tidak serta merta menjadikan para anggota dan kader sebagai pemimpin yang diharapkan.

“Tetapi ini merupakan langkah awal. Hasilnya nanti akan dipetik ketika adik-adik masuk di dunia kerja dan di kehidupan bersama dengan masyarakat,” ujarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Presiden Jokowi Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja Melalui Pengesahan UU Cipta Kerja

Oleh: Teguh Ahmad Insani )* Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, yang disahkan pada tahun 2020, merupakan salah satu langkah strategis pemerintahan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini