Tiga Daerah Ini Bakal Dipilih Jadi Ibukota Baru oleh Jokowi

Baca Juga

MINEWS.ID, JAKARTA – Rencana pemindahan ibu kota atau pusat pemerintahan tidak berhenti. Presiden Jokowi menegaskan ada tiga daerah yang menyiapkan lahannya.

“Tiga daerah siap dengan lahan 80 ribu, 120 ribu bahkan 300 ribu hektar. Yang dipilih kita putuskan setelah konsultasi dengan lembaga negara terkait,” kata Presiden dalam keterangan tertulis, Selasa 7 Mei 2019.

Jokowi menegaskan pemindahan pusat pemerintahan sudah dikaji Bappenas sejak tahun lalu. Baik dari sisi ekonomi, sosial politik dan lingkungan.

Sebelumnya di Kantor Staf Presiden, empat pejabat pemerintah daerah yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur menyatakan kesiapannya dipilih sebagai pusat pemerintahan baru.

Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar mengaku wilayahnya memiliki keunggulan mulai dari lahan, ketersediaan air hingga bebas bencana dan sebagainya.

Sedangkan Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor akan memberikan lokasi yang terletak antar Pengunungan Meratus dan pantai.

Adapun Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengungkapkan menyiapkan tiga wilayah kabupaten sebagai pusat pemerintahan baru.

Sementara Kalimantan Timur menyiapkan pesisir timur wilayahnya sebagai lahan untuk pembangunan pusat pemerintahan yang baru.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini