Tiga Agenda Rutin Akhir Tahun PBSI Masih Tanda Tanya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – PBSI memiliki tiga agenda rutin di akhir tahun. Di tengah kasus pandemi Covid-19 yang masih tinggi, tiga agenda tersebut masih jadi tanda tanya.

Tiga agenda rutin yang digelar PBSI di akhir tahun adalah, pelaksanaan Kejuaraan Nasional, Musyawarah Nasional/Musyawarah Kerja Nasional dan Promosi dan Degradasi atlet.

Masa kepengurusan PBSI dibawah pimpinan Ketua Umum Wiranto akan berakhir tahun ini dan berdasarkan jadwal seharusnya akhir tahun diselenggarakan Musyawarah Nasional PBSI untuk memilih pemimpin induk organisasi bulutangkis untuk empat tahun ke depan.

Covid-19 membuat pengurus PBSI tidak dapat menyelenggarakan Munas secara langsung, karena itu PBSI melayangkan surat kepada KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) untuk menunda pelaksanaan Munas hingga enam bulan dari jadwal semula.

“KONI sudah mengirim surat untuk mengingatkan PBSI mengenai periode kepengurusan yang selesai akhir tahun ini. Tapi waktu itu wabah Covid-19 belum berkembang. Setelah ada pandemi dan melihat situasi, ketua umum meminta izin perpanjangan paling lama selama enam bulan, dan sampai sekarang kami belum mendapat jawaban dari KONI,” ujar Sekjen PBSI, Achamd Budiharto.

Sementara itu, batalnya sebagian besar turnamen di tahun ini membuat PBSI juga kesulitan menentukan kriteria promosi dan degradasi. Salah satu penilaian penampilan atlet adalah capaian mereka di turnamen-turnamen yang mereka ikuti. Tanpa turnamen, PBSI tidak punya dasar yang kuat untuk merumuskan penilaian.

“Situasi saat ini masih tidak menentu, jadi semua saling menunggu, belum ada keputusan mengenai promosi dan degradasi. Kalau menurut AD/ART seharusnya ada promosi dan degradasi di setiap akhir tahun, tapi kami sulit menentukan dasarnya karena atlet tidak mengikuti turnamen,” tambah Budiharto.

Pencapaian di Kejuaraan Nasional yang menjadi salah satu penilaian dalam promosi dan degradasi, juga tidak bisa jadi acuan karena kejurnas belum pasti bisa diadakan di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BIN Rangkul Pemuda Jadi Wirausaha Unggul Lewat Pelatihan Hilirisasi Produk Nilam Melalui Program AMANAH

Aceh — Badan Intelijen Negara (BIN) mengajarkan pemahaman konsep usaha dan hilirisasi produk kepada para pemuda Negeri Rencong melalui...
- Advertisement -

Baca berita yang ini