Tidak Hanya Indonesia, Sejumlah Negara juga Tunda Penyuntikan Vaksin AstraZeneca, Ada Apa?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selain Indonesia, sejumlah negara juga telah menunda penyuntikan vaksin AstraZeneca menyusul adanya laporan kasus pembekuan darah termasuk satu kasus kematian.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa Indonesia untuk sementara waktu menunda penggunaan Covid-19 dari AstraZeneca. Ia mengatakan pihaknya masih menunggu hasil penelitian dari Organisasi Dunia (WHO) mengenai efek samping dari vaksin tersebut.

“Sampai saat ini berita yang kami terima dari WHO mereka masih meneliti, kami juga terima dari MHRA itu BPOM-nya UK, dan EMA itu European Medical Authority. Mereka sekarang belum mengonfirmasi apakah ini ada korelasinya karena vaksin atau tidak ,” kata Budi, Senin 15 Maret 2021.

Adapun sejumlah negara yang menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca:

  1. Denmark

Denmark telah menangguhkan vaksinasi AstraZeneca selama dua minggu menyusul adanya laporan kasus pembekuan darah di negara itu. Upaya ini diakui sebagai tindakan pencegahan dan belum dimungkinkan untuk menarik kesimpulan.

“Kami bertindak lebih awal, itu perlu diselidiki secara menyeluruh,” kata Menteri Kesehatan Magnus Heunicke dalam unggahan Twitternya.

  1. Islandia

Asisten Direktur Kesehatan Islandia Kjartan Njalsson mengatakan bahwa negaranya menunda penggunaan vaksin AstraZeneca meskipun tidak ada laporan kasus yang sama. Islandia masih menunggu saran dari European Medicine Agency (EMA).

“Kurangnya data saat ini yang menjadi perhatian kami,” kata Njalsson.

  1. Spanyol

Komisi Kesehatan Masyarakat Spanyol telah mengumumkan adanya penundaan vaksinasi AstraZeneca bagi orang yang berusia 55 dan 65 tahun.

Penundaan diberlakukan sampai adanya tinjauan lengkap dan kesimpulan efek samping oleh EMA.

“Saya akan mengirimkan pesan tenang dan hati-hati. Di Spanyol kami belum diberitahu tentang kasus apa pun yang terkait dengan pembekuan darah,” kata Menteri Kesehatan Spanyol Carolina Darias.

  1. Norwegia

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Institut Kesehatan Norwegia (FHI) Geir Bukholm menegaskan bahwa penangguhan adalah bentuk kehati-hatian.

Norwegia mencatat ada kasus pembekuan darah yang dilaporkan tidak lama usah menerima vaksinasi Covid-19.

“Terutama pada orang tua yang memiliki penyakit mendasar lainnya,” kata Geir.

  1. Italia

Italia juga menangguhkan penggunaan batch vaksin AstraZeneca akibat munculnya efek samping serius usai penyuntikan.

Italian Medicines Agency (AIFA) mencatat bahwa pelarangan tersebut menyasar batch ABV2856. Namun agensi Italia menekankan saat ini belum ada bukti hubungan yang terbukti antara penyuntikkan dan reaksi merugikan.

Selain itu masih ada beberapa negara lain yang juga menunda penyuntikkan vaksin AstraZeneca seperti Thailand, Austria, Bulgaria, Estonia, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Jerman, Perancis, Kongo, Irlandia dan Belanda.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini