Tak Hanya Coklat Kinder, Ini Daftar Makanan yang juga Rentan Terkontaminasi Bakteri Salmonella

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Belakangan ini, coklat merek Kinder ditarik di pasaran karena terkontaminasi bakteri salmonella.

Beberapa negara telah menarik coklat Kinder Joy, sementara di Indonesia masih dalam penyelidikan.

“Kami sudah uji ‘sampling’ sejak Jumat 8 April 2022 di banyak tempat dan hasilnya kami laporkan pekan ketiga April,” kata Kepala BPOM RI Penny K. Lukito dalam konferensi pers virtual dari Hotel Shangri La Jakarta yang diikuti melalui YouTube BPOM.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, salmonella ialah bakteri yang umum ada di usus dan kotoran manusia dan hewan, menyebabkan sekitar 1,2 juta penyakit.

Makanan dapat terkontaminasi salmonella ketika bersentuhan dengan kotoran hewan atau manusia, bahkan dalam jumlah sedikit.

Dilansir Cleveland Clinic, berikut ini daftar makanan yang rentan terkontaminasi bakteri salmonella:

Daging sapi, ayam, babi, dan kalkun, termasuk makanan beku, pai pot, dan nugget ayam. Makanan laut dan kerang.

Telur, Produk susu yang dibuat dengan susu yang tidak dipasteurisasi, termasuk feta, Brie, dan keju lunak lainnya; es krim dan yogurt.

Buah-buahan dan jus yang tidak dipasteurisasi, selain itu Kecambah, Sayuran, Selai kacang, Tepung.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini