Terinspirasi Covid-19, Seniman Asal Belanda Ciptakan Istana Pasir Tertinggi di Dunia

Baca Juga

MATA INDONESIA, KOPENHAGEN Istana pasir tertinggi di dunia telah selesai dibangun di Denmark. Para perancang mengungkapkan bahwa istana pasir tersebut menjulang setinggi lebih dari 20 meter dan terdiri dari hampir 5 ribu ton pasir.

Istana pasir yang dibangun di Blokhus di barat laut Denmark yang memiliki tinggi 21,6 meter itu memecahkan Guinness World Record yang sebelumnya dipegang oleh istana pasir yang dibangun di Jerman tahun 2019, dengan tinggi 17,66 meter.

Sebanyak 4.860 ton pasir membentuk struktur yang dihias dengan rumit, yang mengingatkan pada piramida, di kota kecil tepi laut Blokhus. Sang seniman, Wilfred Stijger mengatakan bahwa rancangannya terinspirasi oleh pandemi virus corona.

“Ini mengatur hidup kita di mana-mana, sekaligus memberitahu Anda apa yang harus dilakukan … Ini juga memberitahu Anda untuk menjauh dari keluarga Anda dan tidak pergi ke tempat yang bagus. Jangan melakukan aktivitas, tetap di rumah,” kata Wilfred Stijger, melansir The Guardian.

Seniman asal Belanda itu menambahkan bahwa ia menempatkan bakteri coronavirus sebagai mahkota di atas kastil untuk menggambarkan bagaimana virus itu menguasai dunia dan tidak mengizinkan kita melakukan apa yang ingin kita lakukan.

Seperti banyak istana pasir besar lainnya, istana pasir di Denmark ini dibuat segitiga agar tidak runtuh dan konstruksi kayu didirikan di sekitarnya. Wilfred dibantu 30 seniman terkemuka dunia dalam menyelesaikan proyek tersebut.

Untuk membuatnya lebih kohesif, pasir mengandung sekitar 10 persen tanah liat. Lapisan lem ekstra diletakkan saat istana pasir selesai dibuat untuk membantunya bertahan terhadap kondisi dingin dan berangin musim gugur dan musim dingin.

Istana pasir rancangan Wilfred Stijger ini diperkirakan akan berdiri sampai musim dingin, sekitar Februari hingga Maret mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini