Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol, Kemenhub Bakal Pasang CCTV

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Angka kecelakaan di jalan tol setiap tahunnya diprediksi akan meningkat, tercatat sebanyak 1.135 kecelakaan terjadi di jalan tol sepanjang 2018.

Untuk menekannya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama dengan stakeholder atau pemangku kepentingan lainnya akan segera membentuk tim POKJA.

Tim ini nantinya bekerja untuk menurunkan angka kecelakaan lalu lintas serta memperbaiki kualitas keselamatan berkendara di jalan tol.

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Ahmad Yani mengatakan, tugas utama dari tim ini adalah melakukan evaluasi dan mapping data kecelakaan, faktor penyebab kecelakaan dan juga daerah rawan kecelakaan (blackspot) sehingga harapannya tim terpadu ini bisa bekerja sama untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan tol.

“Kita akan melakukan sosialisasi di rest area seluruh jalan tol Indonesia secara simultan, dengan melibatkan Kakorlantas, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kepala Badan pengatur Jalan Tol (BPJT), Direktur Jenderal Binamarga dan juga Direktur Utama PT Jasamarga,” ujar Yani dalam keterangan tertulis, Sabtu 9 Maret 2019.

Sementara itu, Direktur Prasarana Transportasi Jalan, M Risal Wasal menambahkan jalan tol akan segera dilengkapi dengan CCTV sebagai pemantau kecepatan kendaran (speed camera) sebagai salah satu cara untuk memetakan blackspot. 

Kemudian, akan ada juga pemasangan rambu batas kecepatan, rumble strip, marka profil dan pemasangan papan peringatan neonbox serta warning light.

Pelanggar yang tertangkap oleh speed camera akan ditindak oleh polisi di pintu akhir, sehingga tidak diberhentikan di tengah perjalanan. Pelanggaran diberlakukan untuk kendaraan yang melebihi batas maksimal dan kendaraan yang kurang dari batas kecepatan minimal. 

“Kendaraan di bawah kecepatan minimal itu sudah pasti Over Dimension and Over Loading (ODOL), sehingga mungkin juga polisi akan menerapkan pasal berlapis bagi pelanggar,” katanya.

Berita Terbaru

Jaga Kondusifitas Selama Tahapan Pilkada

Oleh : Wira Wicaksana )* Menjaga kondusifitas merupakan kunci penting untuk memastikan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang aman dan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini