Tegas, Duterte Siap Kehilangan Nyawa Demi Filipina

Baca Juga

MATA INDONESIA, MANILA – Presiden Filipina, Rodrigo Duterte menolak tegas simbauan Cina untuk menarik kapal dari Laut Cina Selatan. Ia juga menegaskan takkan tunduk pada tekanan, kendati akan mengancam persahabatan antara Manila-Beijing.

Filipina telah meningkatkan armadanya di daerah-daerah yang diperebutkan di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE), termasuk pulau Thitu, dekat instalasi militer China. Di mana sebelumnya, ratusan kapal Cina selama berbulan-bulan yang diyakini diawaki oleh milisi berada di wilayah perairan tersebut.

Pernyataan Duterte dalam pidato yang disiarkan televisi datang ketika tekanan meningkat. Ia mengungkapkan bahwa Cina telah memprovokasi Filipina  secara terang-terangan.

“Kami memiliki pendirian di sini (Laut Cina Selatan), dan saya ingin menyatakannya di sini dan mulai sekarang kapal kami akan berada di sana … kami tidak akan mundur satu inci pun,” tegas Duterte, melansir CNN, Sabtu, 15 Mei 2021.

Sebelumnya, Duterte mendapat kritik keras lantaran menolak menekan Cina untuk mematuhi keputusan arbitrase tahun 2016 di laut Cina Selatan. Namun, sikap Duterte tampaknya telah berubah, ia bahkan siap kehilangan nyawa sekalipun demi membela Filipina.

“Saya tidak ingin berselisih, saya tidak ingin ada masalah. Saya menghormati posisi Anda, dan Anda juga harus menghormati posisi saya. Tapi kami tidak akan berperang,” tegasnya.

“Saya tidak akan mundur. Bahkan jika Anda membunuhku. Persahabatan kita akan berakhir di sini,” tuntasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada 2024 Kulon Progo: Gerindra dan PPP Pilih Mesra Menangkan Pemilihan November Mendatang

Mata Indonesia, Kulon Progo - Dalam upaya memperkuat dukungan untuk bakal calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Kulonprogo sepakat untuk berkoalisi.
- Advertisement -

Baca berita yang ini