Tak Ada Korban Kematian Corona di Vietnam, Ini Rahasianya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Vietnam menjadi salah satu negara yang selamat dari angka kematian akibat virus corona. Seperti dilansir laman worldometers, Minggu 12 April 2020 ada sebanyak 258 kasus konfirmasi positif di Vietnam.

Dari jumlah itu, sebanyak 144 orang sembuh. Sementara 114 lainnya dalam perawatan dan delapan lainnya dalam situasi kritis.

Lalu, apa rahasia Vietnam dalam mengatasi penyebaran Covid-19? Seperti mengutip detik health, ada empat kiat sukses Vietnam.

  1. Tindakan cepat

Pada 1 Februari, Vietnam memulai serangkaian inisiatif untuk mengatasi penyebaran virus corona, yaitu dengan menangguhkan semua penerbangan ke dan dari Cina. Mereka juga memutuskan untuk menutup sekolah-sekolah setelah liburan tahun baru Imlek.

  1. Karantina 21 hari

Dua minggu setelah ditetapkannya pemberhentian penerbangan dari dan ke Cina, karantina 21 hari diberlakukan di provinsi Vinh Phuc, utara Hanoi. Keputusan itu dipicu kekhawatiran terhadap status kesehatan pekerja migran yang kembali dari Wuhan, Cina, tempat virus corona pertama kali mewabah.

  1. Physical distancing

Penerapan kebijakan itu pun diberlakukan hingga akhir April. Jarak fisik yang mereka lakukan bukan dengan memberhentikan aktivitas perdagangan atau layanan penting, melainkan membatasi masyarakat untuk tidak keluar rumah jika tak ada keperluan mendesak.

  1. Protokol kesehatan Vietnam

Perwakilan WHO di Vietnam Dr Kidong Park menghubungkan keberhasilan Vietnam mencegah penyebaran virus corona dengan langkah proaktif dan konsistensi pemerintah. Petugas kesehatan Vietnam membuat protokol untuk menilai infeksi dan tingkat keparahan.

Dokter diharuskan mengobati gejalanya, seperti demam. Pasien menjalani diet ketat dan bergizi. Memonitor tingkat saturasi oksigen dalam darah pasien.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini