Tahun Depan Ekonomi Indonesia Bakal Tumbuh 5,5 Persen, Ini Indikatornya Menurut BI

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2022 diproyeksikan lebih tinggi dari tahun ini. Di mana tahun 2021, ekonomi Indonesia diprediksi tumbuh 4,7 sampai 5,5 persen.

“Sementara, pertumbuhan ekonomi 2021 berada dalam kisaran proyeksi Bank Indonesia yaitu 3,2 sampai 4,0 persen,” ujar Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Kamis 16 Desember 2021.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi domestik tinggi itu kata dia, dipengaruhi oleh keberhasilan pemerintah dalam menangani pandemi dalam beberapa bulan terakhir. Alhasil, aktivitas ekonomi maupun sosial masyarakat kembali menggeliat.

“Ini tercermin dari kinerja konsumsi swasta, investasi, serta konsumsi Pemerintah diprakirakan terus meningkat, di tengah tetap terjaganya kinerja ekspor,” katanya.

Selain itu, proyeksi pertumbuhan ekonomi hingga 5,5 persen di tahun depan juga di dukung oleh kinerja lapangan usaha utama. Antara lain Industri Pengolahan, Perdagangan, dan Pertambangan yang diprakirakan tetap baik.

“Sejumlah indikator hingga Desember 2021 menunjukkan proses pemulihan yang berlanjut, seperti peningkatan mobilitas masyarakat di berbagai daerah, kenaikan penjualan eceran, penguatan keyakinan konsumen, serta ekspansi PMI Manufaktur,” katanya.

Kemudian, katalis pertumbuhan ekonomi 2022 juga didukung oleh perbaikan ekonomi sektor andalan. Seperti konsumsi swasta yang meningkat, kinerja ekspor, serta belanja fiskal Pemerintah yang tetap terjaga.

Hal tersebut sejalan dengan mobilitas yang terus meningkat, pembukaan ekonomi yang semakin luas, serta stimulus kebijakan yang berlanjut.

“Dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia memprakirakan ekonomi domestik 2022 tumbuh lebih tinggi menjadi 4,7-5,5 persen,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini