Sketsa Nelson Mandela Dilelang Rp 1,3 M, Berminat?

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Politikus asal Afrika Selatan sekaligus sosok revolusioner antiapartheid, Nelson Mandela memang fenomenal. Semasa hidupnya ia merupakan pemimpin baling berjasa bagi masyarakat kulit hitam di Afrika. Tak jarang, walau sudah tiada barang-barang peninggalan dirinya seperti foto, surat dan koleksi lainnya banyak diminati para kolektor dunia.

Salah satunya sketsa ciptaannya yang dibuat saat mendekam di penjara dilelang senilai Rp 845 juta hingga Rp 1,3 miliar. Pada 2002, Mandela diketahui gemar menggambar sebagai kegiatan terapi ketika mendekam di penjara. Salah satunya adalah gambar pintu sel Robben Island dengan kunci di dalamnya sebagai simbol harapan.

Kini rumah lelang Bonhams, London, bakal melelang salah satu dari 22 sketsa Mandela. Sementara 10 dari gambar Mandela yang direproduksi sebagai litograf, dananya akan dikumpulkan untuk Yayasan Mandela.

Putri Mandela, Makaziwe, dilansir dari Guardian, menuturkan aktivitas melukis adalah cara bagi ayahnya untuk bersantai. “Pekerjaan ini memiliki arti penting baginya karena merupakan pengingat, dia tidak bisa melupakan apa yang tampaknya tak terlupakan dan dia tidak boleh mengambil kebebasan begitu saja,” katanya.

Nelson Mandela mendekam di penjara selama 27 tahun di Pulau Robben lalu di Penjara Pollsmoor dan Victor Verster. Ia berada di sel nomor 5 dan kerap dikunjungi oleh Bill Clinton hingga Barack Obama.

Rencananya sketsa-sketsa Mandela akan dijual di New York pada 2 Mei mendatang. Ini pertama kalinya karya Mandela muncul di balai lelang AS.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini