Setop Ekspor Bauksit, untuk Wujudkan Industri Ramah Lingkungan dengan EBT

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pemerintah berencana untuk segera menghentikan ekspor bauksit dan timah. Ekspor bauksit atau biji utama aluminium akan dihentikan tahun ini, dan timah disetop tahun depan.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia.

“Investasi ke depan dalam pengelolaan sumber daya alam itu harus melakukan hilirisasi dalam rangka memberikan penciptaan nilai tambah,” kata Bahlil usai pembukaan Trade, Investment, and Industry Working Group G20 di Alila Hotel, Rabu 6 Juli 2022.

Bahlil menilai hal tersebut sejalan dengan visi besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang transformasi ekonomi usai melakukan hilirisasi nikel.

“Nikel harus kita perjuangkan, tahun ini kita akan menyetop bauksit, melarang ekspor bauksit. Tahun depan kita melarang timah. Karena penghasil terbesar timah itu pertama Cina dan kedua Indonesia,” katanya.

Indonesia, lanjut dia, saat ini menjadi pengekspor timah terbesar di dunia. Di mana belum lama ini Indonesia baru melakukan hilirisasi tidak lebih dari lima persen.

“Berapa besar kehilangan yang akan terjadi di negara kita, kalau terus melakukan ekspor. Dengan kita menghilirisasi, lingkungan ini bisa kita jaga. Kalau tidak, penambangan liar terus terjadi. Penambangan yang tidak bisa mengukur volume kapasitas produksi kita, ini yang berbahaya,” katanya.

Menurut Bahlil, dengan pengelolaan yang ada maka akan segera terwujud industri ramah lingkungan dengan memakai energi terbarukan.

“Kalau itu terjadi penciptaan lapangan kerjaan dan pendapatan negara kita akan mendapatkan hasil yang maksimal. Kalau bauksit saya belum bisa menentukan bulannya, baru kami kaji sekarang, tapi tahun ini rencana,” jelas dia.

Bahlil juga mengungkapkan rencana pemerintah untuk melarang ekspor listrik memakai energi baru terbarukan (ebt) ke dunia. Tahun 2025, dikatakannya, Indonesia 24 persen listriknya harus memakai ebt.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini