Setelah Covid-19 dan Cacar Monyet, Kini Penyakit Flu Tomat Mulai Menyerang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Belum selesai penyakit Covid-19 dan Cacar Monyet, kini muncul penyakit menular lainnya yakni Flu Tomat yang menyerang anak-anak muncul di India.

Penyakit yang kasusnya sudah melebihi 100 ini membuat otoritas kesehatan setempat mengeluarkan peringatan waspada.

Al Arabiya membahas penyakit ini dengan dokter di Uni Emirat Arab untuk mengetahui seberapa serius virus itu dan siapa yang paling berisiko.

“Demam tomat atau flu tomat menjadi penyakit endemik utama di Kerala, India. Wabah ini diidentifikasi di Kollam, Kerala pada 6 Mei 2022. Namun, laporan terbaru menunjukkan flu tersebut telah menyebar ke negara bagian lain seperti Odisha dan Tamil Nadu (di India),” kata Dr. Deepak Gandhi, spesialis anak di Rumah Sakit Medeor Dubai, sepertid dilansir laman Al Arabiya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Lancet Respiratory Journal pekan lalu, dokter mengatakan flu tomat pertama kali diidentifikasi di distrik Kollam, Kerala, India pada 6 Mei dan pada 26 Juli.

Menurut data rumah sakit pemerintah daerah, lebih dari 82 anak di bawah usia lima tahun terinfeksi Flu Tomat,

Penyakit virus endemik ini kemudian memicu peringatan di bagian negara lain yaitu Tamil Nadu dan Karnataka. Kemudian 26 anak antara usia satu dan sembilan tahun dilaporkan memiliki penyakit ini di Odisha.

Hingga saat ini, tidak ada wilayah lain di India yang terkena virus tersebut.

Virus Flu Tomat yang menyebar melalui kontak dekat, mendapatkan namanya dari ruam merah bulat yang berkembang di tubuh saat seseorang terinfeksi.

“Gejalanya adalah demam, nyeri sendi, dan ruam merah seperti tomat yang biasanya terlihat pada anak di bawah usia lima tahun. Ini juga disertai dengan gejala lain seperti diare, dehidrasi, mual dan muntah, dan kelelahan,” kata Dr. Anuradha Ajesh, spesialis anak di Rumah Sakit Internasional Bareen di MBZ City Abu Dhabi.

“Jika anak-anak mengalami gejala, mereka harus diisolasi, dan hal-hal yang mereka sentuh, termasuk tempat tidur dan pakaian, harus dibersihkan secara teratur,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Peningkatan Infrastruktur di Bali Bukti Komitmen Indonesia Siap Selenggarakan WWF 2024

World Water Forum Ke-10 di Bali pada 18-24 Mei 2024 diharapkan akan menghasilkan berbagai solusi masalah air termasuk sanitasi...
- Advertisement -

Baca berita yang ini