Setara 40 Ton TNT, Blarr Meteor Meledak di Amerika Serikat

Baca Juga

MATA INDONESIA, ARKANSAS – Rabu 27 April 2022, sebuah meteor dengan kecerahan 10 kali lebih terang dari Bulan meledak di langit Amerika Serikat. Ledakan batu langit itu setara dengan kekuatan 3 ton TNT, bahan peledak militer.

LiveScience melaporkan meteor itu terlihat oleh sejumlah besar saksi pada Rabu pagi. Ia melintas di atas langit negara bagian Mississippi, Arkansas, dan Lousiana. Ia terlihat seperti bola api, dengan ekor yang berwarna putih terang.

Meteor itu juga tertangkap oleh pendeteksi cahaya GLM yang terpasang pada dua satelit milik badan cuaca Amerika Serikat, NOAA.

”Ini adalah salah satu peristiwa terbaik yang pernah saya lihat dalam data GLM,” kata Bill Cooke, kepala Kantor Lingkungan Meteoroid NASA di Pusat Penerbangan Luar Angkasa Marshall, seperti laporan Live Science pada Sabtu 30 April 2022.

Meteor adalah sebuah asteroid berukuran sekitar 1 meter, dengan bobot 40 kg. Ia melesat melewati atsmofer Bumi dengan kecepatan 34.175 km per jam dan kemudian pecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sebelum benar-benar hancur di rawa-rawa dekat Minorca, Louisiana.

Meteor itu sangat terang dan bersinar dengan cahaya yang lebih terang dari Venus. Tak ada kerugian atau korban akibat ledakan asteroid tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pemerintah Optimis Perekonomian Indonesia Terus Bertumbuh

Optimisme pemerintah dalam memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus meningkat di tahun-tahun mendatang merupakan sebuah harapan yang perlu didukung...
- Advertisement -

Baca berita yang ini