Sepatu Ini Diprediksi Jadi yang Termahal, Dibandrol Rp 14,5 Miliar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Sepatu saat ini tidak hanya berfungsi sebagai alas kaki saja. Namun, kini punya nilai yang fantastis, dimana mempunyai harga mahal bagi para kolektor yang ingin memilikinya.

Salah satunya sepatu Yeezy pertama milik rapper Kanye West diprediksi bakal menjadi salah satu sneaker termahal di dunia dengan nilainya yang diperkirakan mencapai 1 juta US dolar atau sekitar Rp14,5 miliar.

Sepatu itu ditawarkan melalui penjualan pribadi setelah dipamerkan di Pusat Konvensi dan Pameran Hong Kong, pada 16-21 April 2021.

Menurut rumah lelang Sotheby yang mengatur urusan penjualan, prototipe Nike Air Yeezy pertama kali digunakan Kanye West di ajang Grammy ke-50 pada 2008.

Brahm Wachter, kepala streetwear dan barang koleksi modern Sotheby berpendapat, sepatu itu bisa mencapai harga lebih dari 1 juta dolar AS karena efek budaya mereknya.

“Sepatu ini sangat penting untuk pengembangan franchise Yeezy, yang telah menjadi salah satu merek sepatu dan gaya hidup terpenting dalam sejarah,” kata Wachter.

Sepatu yang dipakai Kanye West itu menjadi sorotan setahun sebelum dia tampil di Grammy 2008.

Kala itu rapper berkebangsaan Amerika Serikat tersebut naik panggung dengan mengenakan sepatu kulit hitam dengan leher tinggi dan menghilangkan logo Nike, serta tali yang unik, sehingga menarik perhatian publik khususnya pecinta sneaker.

Dirancang pada 2007 di Dapur Inovasi Nike di Oregon, prototipe itu merupakan versi paling awal dari Nike Air Yeezy berwarna. Sepatu itu kemudian dijual pada 2009 di mana awalnya terjual 215 dolar AS sepasang.

Kini, harga jual kembali di eBay mencapai 8.000 dolar AS atau sekitar Rp117 juta.

Sementara, desain sepatu yang dipakai Kanye di Grammy tidak pernah dijual ke pasar. Tetapi pada 2017, sepasang sepatu itu dijual sebagai barang koleksi oleh Flight Club dengan nilai 100 ribu dolar AS.

Prototipe yang menjadi bukti kemitraan kreatif itu sudah tak ada lagi seiring Yeezy mentransfer operasionalnya dari Nike ke Adidas pada 2013.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini