Semburkan Lima Kali Lava Pijar, Status Gunung Merapi Siaga

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Gunung Merapi yang berada di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali menyemburkan lima kali guguran lava pijar dengan jarak luncur sejauh 1,500 meter ke arah barat daya. Aktivitas tersebut terpantau pada Rabu (20/6) sejak pukul 00.00 hingga 06.00 WIB.

Selain menyemburkan lava pijar, Gunung Merapi juga mengalami 45 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-35 milimeter (mm) selama 12 hingga 105 detik. Di mana tiga kali gempa hembusan dengan amplitudo 2-8 milimeter (mm) selama 6-19 hingga 6-19 detik, hal ini diungkapkan Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida.

Selanjutnya, terjadi 11 kali gempa fase banyak dengan amplitudo 3-25 milimeter (mm) selama 5 hingga 11 detik, dan empat kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 59-70 milimeter (mm) selama 6-19 hingga 21-25 detik.

Berdasarkan pantauan, asap kawah berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal setinggi 100 meter di atas puncak kawah Gunung Merapi. Angin bertiup sedang ke arah barat dengan suhu udara 13-21 derajat celsius, kelembaban udara 69-90 persen dan tekanan udara 568-708 mmHg. Sementara cuaca di Gunung Merapi terlihat cerah dan berawan.

Hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada level III atau siaga. Awan panas dan guguran panas Gunung Merapi diprediksi akan terasa hingga daerah selatan dan barat daya, termasuk di antaranya: Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Bebeng, Putih, serta Bebeg.

Apabila terjadi letusan, maka lemparan material vulkanik dari Gunung Merapi dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak gunung.

Sebagai catatan, Gunung Merapi beberapa kali mengalami letusan, seperti tahun 1969 dengan korban meninggal 3 orang, tahun 1976 yang mengakibatkan 29 orang tewas, tahun 1994 yang menewaskan 66 orang. Kemudian letusan pada tahun 1997 dan 1998 tanpa mengakibatkan korban jiwa.

Kondisi Gunung Merapi kembali memburuk pada awal 2000-an, tepatnya tahun 2006. Kala itu awan panas dari Gunung Merapi meluncur 950 meter ke arah hulu Kali Gendol. Selain itu juga tercatat jarak luncur guguran 1,2 km ke arah yang sama.

Akibatnya, objek wisata Kaliadem yang letaknya tak jauh dari lereng Merapi porak-poranda. Tidak hanya itu, erupsi yang terjadi tahun 2006 ini juga menelan korban jiwa, yakni 2 Tim SAR yang tengah bersembunyi di bunker Kaliadem.

Empat tahun berselang, status awas kembali ditetapkan pada gunung tersebut. Sehari setelahnya, gunung setinggi 2.930 mdpl ini meletus dan disebut menjadi yang terbesar dalam 100 tahun terakhir.

Letusan Gunung Merapi tahun 2010 menelan sekitar 337 korban meninggal dunia. Sang juru kunci, Raden Ngabehi Surakso Hargo atau Mbah Maridjan yang tinggal dari puncak Merapi juga menjadi salah satu korbannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini