Selandia Baru Tidak Akan Beralih ke Republik Dalam Waktu Dekat

Baca Juga

MATA INDONESIA,SYDNEY – Selandia Baru tidak akan secara aktif mengambil tindakan apapun untuk menjadi republik dalam waktu dekat setelah kematian Ratu Elizabeth.

Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan meskipun dia mengharapkan negara pasifik pada akhirnya menjadi satu.

Ia mengatakan “Saya tidak pernah merasakan urgensinya. Ada begitu banyak tantangan yang kita hadapi. Ini adalah debat besar dan signifikan. Jangan berpikir itu akan atau harus terjadi dengan cepat,” dilansir dari Reuters.

Selandia Baru adalah salah satu dari 15 wilayah yang memperhitungkan Kerajaan Ingris sebagai kepala negara termasuk Australia dan Kanada.  Meskipun faktanya perannya sebagian besar hanya sebagai seremonial.

Namun hal tersebut telah mendatangkan perdebatan selama beberapa waktu tentang apakah negara pasifik harus menjadi republik dengan warga negara sebagai kepala negara.

Ardern mengatakan bahwa ia percaya bahwa suatu saat Selandia Baru akan menuju sistem tersebut, namun menurutnya hal tersebut tidak akan terjadi dalam jangka pendek.

Selandia Baru akan menandai meninggalnya Ratu Elizabeth dengan menggelar upacara peringatan kenegaraan dan satu hari libur umum pada 26 September 2022. Ardern bersama Gubernur Jenderal Selandia Baru akan berangkat ke London untuk mengikuti upaca pemakaman kenegaraan.

Wafatnya ratu juga menghidupkan kembali perdebatan tentang masa depan monarki di Selandia Baru. Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese yang sebelumnya mendukung gerakan transisi ke republik mengatakan bahwa saat ini pihaknya dan partai buruhnya tidak akan mengupayakan referendum dalam masa jabatan pertamanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini