Sektor Industri Manufaktur Jadi Penggerak Utama Perekonomian Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Industri manufaktur saat ini masih menjadi penggerak utama ekonomi nasional, hal itu dilihat dari realisasi investasi sektor industri sepanjang Januari-September 2021 yang mencapai Rp 236,8 triliun atau 35,9 persen dari total investasi nasional.

“Meski dihadapkan pada berbagai tantangan global, khususnya dampak pandemi covid-19, sektor industri manufaktur di Indonesia tetap memainkan peran pentingnya, terutama sebagai penopang atau motor penggerak utama bagi perekonomian nasional,” kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta.

Merujuk data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM), selama sembilan bulan, penanaman modal dalam negeri (PMDN) di sektor industri menembus Rp 63 triliun dan penanaman modal asing (PMA) di sektor industri berkontribusi Rp173,8 triliun.

Artinya, kata dia, para investor luar negeri meyakini Indonesia sebagai negara tujuan yang tepat dalam membangun basis produksi mereka.

Sementara itu, pada Januari-September tahun 2021 total nilai investasi nasional tercatat Rp659,4 triliun atau naik 7,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp611,6 triliun.

Realisasi investasi nasional selama sembilan bulan ini telah mencapai 73,3 persen dari target Rp 900 triliun pada tahun 2021.

Menperin mengemukakan kepercayaan diri para pelaku industri dalam menanamkan modalnya di tanah air, karena didukung beberapa program dan kebijakan strategis yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Misalnya, penerbitan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Penerbitan UU Cipta Kerja tersebut, merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah dalam upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif di Indonesia,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jadi Duta Komunikasi WWF, Cinta Laura Ajak Generasi Muda Peduli Krisis Air

Bali – Duta Komunikasi World Water Forum (WWF) ke-10 Cinta Laura mengajak generasi muda untuk lebih peduli pada persoalan...
- Advertisement -

Baca berita yang ini