Sambil Berlinang Air Mata, Pasukan Rusia Minta Maaf

Baca Juga

MATA INDONESIA, KIEV – Tentara Rusia yang ditangkap terlihat berlinang air mata ketika meminta maaf karena membunuh warga sipil Ukraina, termasuk anak-anak. Mereka mengakui bahwa invasi yang diinstruksikan Presiden Vladimir Putin adalah kesalahan yang mengerikan.

“Saya meminta maaf untuk diri saya sendiri, untuk pasukan saya ke setiap rumah, ke setiap jalan, kepada setiap warga Ukraina, kepada orang tua, kepada perempuan, kepada anak-anak atas invasi kami ke tanah ini,” kata seorang tentara, Galkin Sergey Alekseevich.

“Saya sungguh memohon maaf atas invasi berbahaya kami. Kepada jenderal unit militer kami, saya ingin mengatakan satu hal bahwa mereka telah bertindak pengecut,” sambung tentara berusia 34 tahun itu, melansir New York Post, Rabu, 16 Maret 2022.

“Saya ingin mengatakan kepada semua resimen tentara Rusia: Letakkan senjata Anda. Dan Presiden Rusia Vladimir Vladimirovich Putin, hentikan aksi pertempuran lebih lanjut. Hentikan pemboman, berhenti mengirim tentara ke sini untuk membunuh warga sipil, untuk melakukan serangan udara,” tuturnya.

The Sun melaporkan bahwa Alekseevich adalah satu dari tujuh petugas pengintai yang ditangkap pada pekan lalu. Tentara lain bernama Maksim Chernik dari Brigade Senapan Bermotor ke-16 Rusia, mengatakan bahwa perasaan yang mengerikan untuk menyadari kesalahan apa yang telah ia perbuat.

“Hanya memahami bahwa semua ini harus diperbaiki, hubungan harus ditingkatkan entah bagaimana. Ini akan memakan waktu lebih dari satu tahun. Ini akan memakan waktu puluhan tahun, mungkin berabad-abad. Saya hanya tidak ingin ada setelah semua ini terjadi di sini,” kata Maksim Chernik.

Cuplikan dari prajurit yang ditangkap muncul ketika Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta pasukan Rusia untuk menyerah. Mengatakan dalam pidato yang disiarkan TV, ia mengatakan bahwa Ukraina menderita kerugian yang lebih buruk selama invasi Rusia ke negaranya daripada selama konflik Chechnya.

“Saya tahu bahwa Anda ingin bertahan hidup. Jika Anda menyerah kepada pasukan kami, maka kami akan memperlakukan Anda sebagaimana seharusnya diperlakukan – sebagai manusia, dengan sopan,” kata Presiden Zelenskyy.

Rekaman tentara Rusia yang ditangkap telah menimbulkan pertanyaan tentang apakah Ukraina melanggar Konvensi Jenewa, yang memberikan perlindungan kepada tawanan perang.

Menurut Pasal 13: “Tahanan perang harus setiap saat dilindungi, terutama terhadap tindakan kekerasan atau intimidasi dan terhadap penghinaan dan keingintahuan publik. Tindakan pembalasan terhadap tawanan perang dilarang.”

Aktivis hak asasi manusia, Andrew Stroehlein yang menjabat sebagai direktur media Eropa Human Rights Watch, mengatakan dalam sebuah tweet bahwa mempermalukan atau menjadikan tawanan perang sebagai subjek keingintahuan atau ejekan publik sangat dilarang oleh hukum perang.

“Meskipun dalam beberapa video tampaknya tawanan perang bebas berbicara sesuka mereka, mereka ditahan oleh kekuatan militer lain, dan hampir tidak mungkin untuk menilai dari satu video kondisi yang mereka hadapi,” tulisnya.

“Larangan ini melindungi keluarga tentara di negara asal mereka yang mungkin menghadapi pembalasan jika diketahui bahwa anggota keluarga mereka telah ditangkap. Aturan ini berlaku sama untuk pasukan #Ukraina yang menangkap tentara Rusia, dan pasukan #Rusia yang menangkap tentara Ukraina,” tuntasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini