Sama-Sama Bikin Hidung Mampet, Ini Bedanya Pilek Biasa dan Covid-19?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Varian baru covid-19 yakni varian delta menimbulkan gejala yang cukup berbeda, yakni lebih mirip seperti pilek. Varian ini penularannya jauh lebih cepat.

Sesak napas dan masalah paru-paru lainnya tetap berada di antara gejala Covid-19 yang paling mengkhawatirkan, namun muncul keluhan pernapasan atas yang ditandai dengan mampetnya hidung, pilek, dan sakit kepala yang mungkin meningkat.

“Kami telah melihat sejumlah orang dengan gejala seperti dingin,” kata Dr. Robert Hopkins Jr., seorang internis di Universitas Arkansas untuk ilmu kedokteran di Little Rock mengutip NBC News.

Potensi pergeseran gejala bukan untuk mengatakan bahwa penyakit hanya diidentifikasikan hanya dengan pilek. “Covid-19 dapat hadir dengan cara yang berbeda,” kata Dr. Russell Vinik, Chief Medical Operations Officer di University of Utah Health di Salt Lake City.

“Jika Anda berpikir Anda menderita pilek, Anda menulari orang lain, dan bingung apakah itu Covid-19 atau flu biasa, maka Anda harus mempertimbangkan untuk mendapatkan tes,”.

Vinik juga melihat lebih banyak orang yang datang dengan gejala seperti pilek. Dan gejala covid-19 yang sebelumnya khas seperti kehilangan rasa dan bau tidak sebanyak yang dilaporkan sebelumnya.

Andy Dunn, seorang dokter keluarga dan kepala staf di Wyoming Medical Center menyatakan bahwa hidung mampet, sakit tenggorokan, sedikit demam atau kelelahan dapat menjadi tanda Covid-19. Namun Anda tetap perlu melakukan tes untuk memastikannya.

Menurut dokter Hopkins, untuk memastiknnya Anda juga perlu untuk melihat penularan Covid-19 di sekitar Anda.  “Jika Anda tidak yakin itu pilek biasa, saya akan berasumsi itu bisa jadi Covid-19,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini