Sah, Jepang Punya Perdana Menteri Baru!

Baca Juga

MATA INDONESIA, TOKYO – Jepang resmi memiliki Perdana Menteri baru setelah mengklaim suara mayoritas di kedua majelis parlemen. Ialah Fumio Kishida yang menggantikan peran Yoshihide Suga yang menyatakan mundur dari pemerintahan.

Kishida, mantan Menteri Luar Negeri dengan citra sebagai pembangun konsensus yang rendah hati, mengalahkan tiga pesaing pekan lalu untuk memimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) dan menjadi perdana menteri karena memiliki mayoritas di parlemen.

“Dia (Kishida) akan membubarkan parlemen pada 14 Oktober dan akan mengumumkan pemilihan dalam konferensi pers pertamanya sebagai perdana menteri pada Senin,” kata televisi NHK, melansir Reuters, Senin, 4 Oktober 2021.

Dalam pidatonya pada pekan lalu, Kishida berkomitmen akan terus memerangi pandemi Covid-19 yang telah menghancurkan perekonomian Negeri Sakura.

“Krisis nasional kita terus berlanjut. Kita harus terus bekerja keras dalam penanggulangan virus corona dengan tekad yang kuat, dan kita perlu menyusun paket stimulus puluhan triliun yen pada akhir tahun ini,” kata Fumio Kishida, melansir Reuters (29/9).

Kishida mengalahkan mantan Menteri Pertahanan dan Luar Negeri Taro Kono, yang dipandang sebagai orang yang blak-blakan, dalam pemilihan putaran kedua. Dua pesaing perempuan, Sanae Takaichi, 60, dan Seiko Noda, 61, keluar setelah putaran pertama.

Surat kabar di Jepang juga mengabarkan bahwa dari 20 jabatan, sebanyak 13 di antaranya akan diisi oleh orang-orang yang tidak memiliki pengalaman di kabinet. Ini sejalan dengan janji Kishida untuk memberikan kesempatan kepada wajah baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Jelang Hari Buruh Sedunia, Polda DIY Serahkan Bantuan Sembako

Mata Indonesia, Yogyakarta – Memperingati Hari Buruh Sedunia, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H., menyerahkan bantuan sembako kepada Koperasi Konsumen Persatuan Buruh DIY di Gedung Pertemuan Bumi Putera Yogyakarta, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Selasa (30/4/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini