Ribuan Imam dan Pemuka Gereja di Prancis Pelaku Pedofil!

Baca Juga

MATA INDONESIA, PARIS – Kepala komisi independen dalam sebuah rilis menyatakan bahwa ribuan pedofil telah beroperasi di dalam Gereja Katolik Prancis sejak 1950. Skandal ini melibatkan para imam dan anggota gereja.

Penelitian komisi telah menemukan antara 2.900 dan 3.200 imam dan anggota gereja di Prancis adalah pelaku pedofil. Penyelidikan skandal ini dilakukan oleh Jean-Marc Sauve yang mengatakan bahwa angka tersebut adalah perkiraan minimum.

Laporan komisi akan dirilis pada Selasa (5/10) setelah dua setengah tahun penelitian berdasarkan arsip gereja, pengadilan dan polisi, serta wawancara dengan saksi. Laporan itu, yang menurut Sauve setebal 2.500 halaman, akan mencoba menghitung jumlah pelanggar dan jumlah korban pedofil.

Ini juga akan melihat ke dalam mekanisme, terutama kelembagaan dan budaya di dalam gereja yang memungkinkan para pedofil tetap tinggal dan akan menawarkan 45 proposal.

Komisi independen dibentuk tahun 2018 oleh Gereja Katolik Prancis sebagai tanggapan atas sejumlah skandal pedofil yang mengguncang gereja di Prancis dan di seluruh dunia, melansir Al Jazeera.

Sebelum pembentukannya, Paus Fransiskus mengeluarkan langkah penting yang mewajibkan mereka yang mengetahui tentang pelecehan seksual, khususnya pedofil di Gereja Katolik untuk melaporkannya kepada atasan mereka.

Terdiri dari 22 profesional hukum, dokter, sejarawan, sosiolog, dan teolog, tugas komisi itu adalah menyelidiki tuduhan pelecehan seks anak oleh para imam gereja sejak 1950-an.

Pada Juli Polandia dikejutkan dengan kasus serupa. Di mana nyaris 30 persen dari pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur alias pedofilia di Polandia terkait dengan perwakilan pastor. Hal ini diungkapkan oleh Komisi Negara untuk Pedofilia dalam laporan pertamanya.

Komisi yang dibentuk oleh pemerintah Polandia tahun 2019, membagikan hasil kerjanya dalam makalah setebal 250 halaman. Di mana para ahli memeriksa sebanyak 349 kasus pedofilia selama periode ini

Dan ditemukan bahwa pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur dilakukan oleh sekitar 100 orang yang di antaranya adalah pastor. Lebih dari 50 kasus ini telah diteruskan ke Kantor Kejaksaan, kata laporan itu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Sebanyak 404 Atlet Dari 9 Negara Asia Ikuti Kejuaraan Panahan GBAC 2024

Mata Indonesia, Yogyakarta - Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si. membuka secara resmi Kejuaraan Panahan Gladi Barebow Asia Championship (GBAC) Tahun 2024 dalam rangka memperebutkan piala Danrem 072/Pamungkas bertempat di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Jumat (17/05/2024)
- Advertisement -

Baca berita yang ini