Rayakan Idul Adha, Warga Yogya Memilih Hari Sabtu 9 Juli 2022

Baca Juga

MATA INDONESIA, YOGYAKARTA – Berbeda dengan wilayah lainnya, warga Yogyakarta lebih dominan merayakan Idul Adha pada Sabtu 9 Juli 2022. Perayaan ini mengikuti jadwal seperti di Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah.

Salah satunya di Gumuk Pasir, Kabupaten Bantul, Sabtu.

Bertindak sebagai imam dan khatib sholat ied di Gumuk Pasir adalah Ketua Pengurus Ranting Muhammadiyah (PRM) Parangtritis, Isyudi.

Pelaksanaan sholat Idul Adha kali ini mulai pukul 07.00 WIB saat matahari sudah mulai tinggi. Terlihat jamaah perempuan dan juga laki-laki hampir imbang jumlahnya. 15 shaf (baris) baik jamaah laki-laki dan 15 shaf jamaah perempuan tetap tidak berubah hingga akhir ceramah.

Salah seorang jamaah, Yunita (32) warga Jombang ini tidak menyangka akan mendapatkan pengalaman salat di Padang pasir. Awalnya ia hanya ikut rekannya warga Imogiri Bantul jalan-jalan sekaligus salat Idul adha.

”Saya kaget, kagum dan bahagia mengikuti salat Idul Adha di Gumuk Pasir ini. Pokoknya campur aduklah,” kata dia.

Ia mengaku kagum merasakan aura Gumuk Pasir kali ini. Karena serasa salat di padang pasir. Meskipun punggung terasa panas karena teriknya matahari, namun ia sangat bahagia.

Suasana Idul Adha ini menjadi berbeda karena biasanya ia salat Idul Adha di Masjid yang jamaahnya terbatas. Biasanya dia hanya salat  jamaah dengan orang-orang sekampung, kali ini bersama ribuan orang lainnya.

“Excited, kagum juga tiba-tiba merasakan sholat idul adha di Padang pasir bersama ribuan orang,” katanya.

Dalam ceramahnya, Isyudi menyampaikan pesan tentang hakikat semangat Nabi Ibrahim dalam berkurban, di samping juga tentang sedekah serta mengulas tentang kesabaran dan keikhlasan hingga anak-anak sholeh.

“Ada 4 makna yang terkandung dalam semangat berkurban dan itu semua saya sampaikan dalam khutbah tadi,”tutur dia usai sholat.

Salat Idul Adha kali ini dihadiri sekitar 3.701 jamaah, dengan rincian jamaah putra sebanyak 1.765 orang. Sementara jamaah putri 1.938 orang. Jumlah tersebut belum terhitung masyarakat yang hadir namun tidak mengikuti sholat karena beberapa alasan.

Sebenarnya jumlah jamaah kali ini masih kalah jauh dibanding penyelenggaraan sholat Idul Fitri. Karena sholat idul Fitri di Gumuk Pasir bisa dihadiri 6.000 orang, di mana banyak pemudik yang ikut hadir.

Terpisah, selain di Gumuk Pasir penyelenggaraan salat Idul Adha juga digelar di lingkungan Pemkot Yogya tepatnya di Masjid Pangeran Diponegoro, Balai Kota Yogya.

Melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Pangeran Diponegoro Yogyakarta pun mengadakan dua kali salat Idul Adha 1443 H/Tahun 2022.

Salat Idul Adha pada Sabtu 9 Juli 2022, imamnya Ustaz Muhammad Wafi Abdul Qudus selaku Imam Masjid Jogokariyan dan Khatib Andi Darmawan selaku ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bidang Tarjih Muhammadiyah Yogya. di halaman Balai Kota Yogya.

Sementara pada Minggu 10 Juli 2022, Salat Id dengan Imam Ustaz Umar Izzul Haq yang juga Imam Masjid Pangeran Diponegoro Balai Kota Yogyakarta. Sedangkan khatibnya adalah KH Sholahudin Mansyur selaku Ketua Dewan Syuro Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Yogya.

Ketua PHBI Masjid Pangeran Diponegoro Muchtasor menjelaskan, pelaksanaan Salat Idul Adha di Masjid Pangeran Diponegoro merupakan hasil keputusan bersama. Antara pihak Pemerintah Kota Yogya dan takmir masjid.

“Ini adalah bentuk pemerintah dalam melayani masyarakat tanpa membedakan kelompok dan golongan,” ucapnya.

Reporter: M Fauzul Abraar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini