Puskesmas Kuat, Pandemi Covid19 Pasti Terkendali

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Untuk mengendalikan Pandemi Covid19, puskesmas seharusnya diberi peran besar, sayang kondisinya sekarang banyak yang tidak memungkinkan.

Pesan tersebut berasal dari Relawan Covid19 Firdza Radiany dan Pritania Astari yang diterima Mata Indonesia News, Senin 15 Maret 2021.

“Sayangnya, sumber daya puskesmas, baik dari segi tenaga kesehatan ataupun infrastruktur, belum cukup untuk melakukan seluruh fungsi tersebut secara maksimal,” begitu pernyataan Firdza dan Pritania.

Padahal, puskesmas bisa berperan penting mengakhiri Pandemi Covid19 dengan diberi fungsi sebagai pelacakan kontak dekat, testing Covid19, menjadi rujukan dan edukasi kesehatan.

Namun, dengan kondisi banyak puskesmas yang memrihatinkan sekarang, terutama dari minimnya sumber daya manusia (SDM) menjadi kewalahan jika ditambahkan fungsi-fungsi tersebut.

Selain itu, banyak infrastruktur puskesmas sekarang tidak mumpuni untuk melakukan seluruh fungsi tersebut.

Apalagi, jika fasilitas tersebut juga harus melaksanakan program vaksinasi semakin membuatnya berada dalam kesulitan.

Dengan segala keterbatasan puskesmas sekarang, perlu komitmen seluruh pihak untuk mendukung peningkatan pelayanan baik berkaitan Covid19 maupun penyakit lain.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini