PSSI Akhirnya Pilih Persipura Gantikan Persija untuk Piala AFC 2021

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – PSSI akhirnya memilih Persipura Jayapura sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021 bersama Bali United. Persipura menggantikan posisi Persija Jakarta.

Keputusan ini diambil PSSI berdasarkan permintaan langsung AFC. Dalam suratnya, AFC minta klub yang tampil di Piala AFC 2021 harus sesuai dengan gin klub yang mengikuti AFC Cup 2021 harus sesuai Entri Manual AFC Club Competition 2021.

Sebelumnya, PSSI menunjuk Bali United dan Persija untuk mewakili Indonesia di Piala AFC 2021 usai menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco), Rabu 16 Desember 2020.

“AFC memahami maksud dan tujuan PSSI yang memilih Persija sebagai runner up Piala Indonesia 2018/2019. Namun AFC ingin klub yang bermain di AFC Cup 2021 harus sesuai Entry Manual AFC Club Competition 2021 terkait Sporting Criteria,” kata Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi, di laman resmi PSSI.

“Persija ditetapkan oleh PSSI karena kami menjaga keterwakilan klub Indonesia yang bermain di AFC Cup melalui slot Piala Indonesia. Karena memang AFC juga menyetujui bahwa juara Piala Indonesia mendapatkan slot bermain di AFC Cup,” tambahnya.

“Namun karena PSM Makassar tidak lolos lisensi klub profesional tahun 2020, Exco PSSI memutuskan memilih Persija yang notabene runner-up Piala Indonesia 2018/2019,” tuturnya.

Dalam peraturan, Persipura memang berhak lolos karena mengakhiri musim Liga 1 2019 di peringkat tiga. Sejatinya satu jatah lagi diberikan kepada PSM sebagai juara Piala Indonesia, tapi mereka tak lolos lisensi klub profesional AFC. Pun demikian dengan Persebaya sebagai runner-up Liga 1 2019 yang tak lolos lisensi klub profesional AFC.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

BIN Rangkul Pemuda Jadi Wirausaha Unggul Lewat Pelatihan Hilirisasi Produk Nilam Melalui Program AMANAH

Aceh — Badan Intelijen Negara (BIN) mengajarkan pemahaman konsep usaha dan hilirisasi produk kepada para pemuda Negeri Rencong melalui...
- Advertisement -

Baca berita yang ini