Proyek Kopi Nusantara Sejahterakan Petani

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara diharapkan dapat menyejahterakan petani kopi Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.  

Menurutnya, proyek ini memperbaiki ekosistem bisnis kopi melalui sinergi dari BUMN, swasta, asosiasi dan juga pemerintah daerah.

“Dengan sinergi ini, kami berharap kesejahteraan petani kopi Indonesia juga dapat meningkat dan memberikan nilai tambah bagi komoditas kopi Indonesia,” kata Erick seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta.

BUMN membangun ekosistem Makmur untuk menyeimbangkan ekonomi, mendukung pertumbuhan bisnis untuk semua, dan menyejahterakan masyarakat. Melalui PMO Kopi Nusantara, ekosistem Makmur mulai berjalan untuk industri kopi.

“Sudah seyogyanya kita membangun ekosistem kita sendiri, ekosistem Indonesia dalam persaingan di dunia global. Kopi ini punya kesempatan yang luar biasa, kita harus kembali memetakan berapa besar potensi pasar luar negeri dan dalam negeri karena ini faktor keseimbangan saja satu dengan lainnya. Di sinilah kami mencoba untuk membentuk PMO,” katanya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan siap bekerja sama dengan berbagai pihak dalam membangun ekosistem untuk kopi.

Kesiapan BUMN ini karena 96 persen dari produksi kopi terkait dengan petani. Berbeda dengan kelapa sawit di mana sawit itu sudah 60 persen swasta dan 40 persen petani.

Erick Thohir memandang BUMN punya tanggung jawab untuk mencari solusi bagi kesejahteraan petani kopi.

Hal ini dikarenakan harga kopi dunia sedang naik, tetapi harus dipastikan jangan kenaikan harga kopi ini justru menaikkan yang namanya penjual di tengah, tidak langsung kepada petani.

Selain itu, Presiden RI Joko Widodo ingin seluruh program di kementerian dan lembaga benar-benar didorong untuk menyasar langsung pada peningkatan kesejahteraan rakyat. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini