Protes Pemekaran Wilayah, Bentuk KST Papua Tunjukkan Eksistensi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Protes dikemukakan oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) atau kelompok separatis dan teroris (KST) Papua melalui Juru Bicaranya yaitu Sebby Sambom mendesak Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Dominggus Mandacan menghentikan pemekaran wilayah.

Pengamat intelijen dan keamanan Stanislaus Riyanta menilai jika KST Papua seolah memosisikan diri sama dengan pemerintah. Hal ini semata-mata untuk meraih dukungan.

“Mereka menjaga eksistensi dengan cara seperti itu, seolah posisinya setara dengan pemerintah. Tujuannya menunjukkan kekuatan dan meraih dukungan,” kata Stanislaus kepada Mata Indonesia News, Sabtu 12 Februari 2022.

Adapun Sebby sempat mengecam upaya pemekaran provinsi Papua dan Papua Barat dan menyarankan supaya pemerintah duduk bersama dengan mediasi dari PBB.

“Oleh karena itu, kami tegaskan semua bupati, Gubernur Lukas Enembe dan Gubernur Mandacan di Manokwari bahwa Anda segera hentikan niat jahat untuk pemekaran provinsi baru,” kata Sebby.

Sementara itu, Juru Bicara Lukas Enembe, Rifai Darus mengemukakan jika pihaknya belum menyampaikan pernyataan terkait pemerakaran wilayah Papua seperti yang disebutkan Sebby.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Warga Jogja Hadapi Pilkada 2024: Politik Uang Banyak Ditolak Lebih Pilih Calon Bermisi Visi Jelas

Mata Indonesia, Yogyakarta - Muda Bicara ID kembali menyelenggarakan survei terkait Pilkada Kota Jogja 2024, kali ini dengan fokus pada politik uang dan faktor-faktor yang memengaruhi pilihan warga dalam memilih wali kota dan wakil wali kota.
- Advertisement -

Baca berita yang ini