Program Sertifikasi Halal Gratis Disambut Baik Asosiasi UMKM

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ajakan Badan Penyelenggaran Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk mendaftarkan sertifikasi halal gratis melalui skema self declare disambut baik oleh Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo).

Namun, para asosiasi meminta ada sosialisasi lebih lanjut mengenai skema tersebut. “Sekarang tinggal permasalahannya, bagaimana self declare itu, mudah tidak, mereka (pelaku Usaha Mikro dan Kecil/UMK) apa perlu dituntun untuk itu,” ujar Sekretaris Jenderal Akumindo Edy Misero.

Ia melanjutkan, sosialisasi bisa dilakukan lewat berbagai cara seperti media massa maupun media sosial. Dirinya pun menegaskan, bakal berbicara ke para pelaku UMKM agar tertarik mengikuti program tersebut.

“Selama mereka belum punya sertifikaai halal dan mau produknya bisa menjangkau pasar yang ada, maka akan didorong. Tinggal bagaimana sosialisasi itu bisa lebih optimal tersampaikan ke pelaku UMKM,” katanya.

Edy menjelaskan, sertifikasi halal dibutuhkan agar beragam produk UMK dapat diterima, khususnya di pasar domestik. “Parameter yang bisa angkat pemasaran produk adalah terdaftar sebagai produk halal,” katanya.

Apalagi, kata dia, jika ingin merambah pasar ke negara lain yang mayoritas Muslim seperti Malaysia dan Timur Tengah. Maka sertifikasi halal diperlukan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini