Program PEN Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dinilai sangat bermanfaat dan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Sekretaris BRGM Ayu Dewi Utari mengatakan rehabilitasi mangrove bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama di masa pandemi.

Salah satu kegiatan penanaman mangrove melalui Program PEN dilakukan BRGM yakni di Kampung Maibo, Sorong, Papua Barat, seluas 50 hektare.

“Kami melihat masyarakat di sini bergantung pada ekosistem mangrove. Papua ini indah, subur dan harus dijaga. Kami berharap kegiatan rehabilitasi mangrove ini jadi pemacu semangat masyarakat untuk hidup lebih baik,” ujarnya.

Pulihnya ekosistem mangrove kata dia bisa memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan, seperti melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air laut, meningkatkan produksi hasil laut, serta dapat menjadi destinasi ekowisata.

Sementara itu Kepala Kampung Maibo Sudin Simurut menilai rehabilitasi mangrove yang dilakukan oleh BRGM melalui Program PEN sangat bermanfaat terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dari upah penanaman mangrove, warga mendapatkan uang harian. Untuk pembayaran upah menanam mangrove ditransfer langsung ke rekening warga,” ujarnya.

Sudin berharap, ada bantuan berupa alat perikanan untuk warga, sehingga mereka tak lagi menambang batu karang, pasalnya, pulihnya ekosistem mangrove dapat meningkatkan jumlah biota laut seperti ikan dan kepiting.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Kecelakaan Bus di Ciater jadi Sorotan, Disdik Sleman Perketat Izin Study Tour Sekolah

Mata Indonesia, Sleman - Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman menetapkan aturan ketat bagi sekolah yang ingin melaksanakan kegiatan seperti study tour atau outing class. Setiap sekolah wajib mengajukan izin kepada Disdik Sleman sebelum melakukan kegiatan tersebut.
- Advertisement -

Baca berita yang ini