Presiden Filipina Rodrigo Duterte Pensiun dari Politik

Baca Juga

MATA INDONESIA, MANILA – Presiden Filipina Rodrigo Duterte memilih pensiun dari politik. Artinya, dia takkan maju lagi di pemilihan umum berikutnya.

Duterte ingin maju lagi di pemilihan umum berikutnya di 2022 sebagai wakil presiden. Dalam peraturan konsitusi Filipina hanya memperbolehkan presiden satu kali menjabat selama enam tahun.

Dengan keputusan Duterte pensiun dari politik memunculkan spekulasi bahwa putrinya, Sara Duterte, akan mencalonkan diri.

Duterte sebelumnya telah menerima pencalonan oleh partainya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan pada Mei 2022, sebuah rencana kontroversial yang memungkinkan dia untuk mempertahankan kekuasaan di luar batas masa jabatan enam tahunnya.

Namun, jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan bahwa kebanyakan orang Filipina tidak menyetujui gagasan tersebut, yang diperingatkan oleh para kritikus akan merusak konstitusi.

Kini, Duterte mengatakan menolak pencalonan dari partainya karena banyak mendapat penolaka dari mayoritas orang Filipina.

Sentimen yang luar biasa dari orang Filipina adalah bahwa saya tidak memenuhi syarat, dan itu akan menjadi pelanggaran konstitusi,” kata Duterte, dikutip dari Guardian, Minggu 3 Oktober 2021.

“Saya akan mengikuti apa yang kalian inginkan dan hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik,” ujarnya.

Ini bukan kali pertama Duterte menyatakan mundur dari politi. Hal itu pernah diutarakannya pada 2015 silam. Tapi, sepekan kemudian, dia meralat komentarnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini