Platini Ditangkap dalam Kasus Korupsi Penentuan Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Eks Presiden UEFA Michel Platini diamankan kepolsian Prancis karena tersandung kasus korupsi dalam penentuan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Legenda sepak bola Prancis itu diduga curang dalam penentuan status Qatar sebagai tuan rumah yang sempat menimbulkan sejumlah kontroversi. Penangkapan ini dikonfirmasi pengadilan Prancis pada Selasa 18 Juni 2019.

Setelah kabar penangkapan tersebut, sampai saat ini Platini belum memberikan pernyataan apapun soal kasus yang menjeratnya.

Gelandang legendaris Juventus itu ditahan di Kantor Kepolisian Yudisial Anti-Korupsi di luar kawasan Paris. Selain Platini, Claude Gueant, mantan penasehat mantan presiden Nicolas Sarkozy juga diperiksa, namun tidak ditahan.

Penentuan Qatar sebagai tuan rumah piala dunia sudah diputuskan sejak 2010 lalu. Platini yang diduga sebagai pemain dalam penentuan itu lalu disanksi Komite Etik FIFA dengan larangan beraktivitas di dunia sepak bola selama enam tahun, lalu menjadi hanya empat tahun setelah bandingnya diterima.

Penunjukkan Qatar, yang mengalahkan Amerika Serikat sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, menimbulkan kontroversi. Banyak pejabat FIFA ditangkap terkait penunjukkan Negara Teluk itu menggelar pesta sepakbola empat tahunan tersebut.

Di antaranya mereka yang ditahan adalah Jeffrey Webb, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Jack Warner, dan Eugenio Figueredo. Platini, andai terbukti bersalah, bisa terancam hukuman penjara, kendati sanksi larangan beraktivitasnya akan gugur pada Oktober mendatang.

Berita Terbaru

Flu Singapura Tak Ditemukan di Bantul, Dinkes Tetap Waspadai Gejala yang Muncul

Mata Indonesia, Bantul - Dinkes Kabupaten Bantul menyatakan bahwa hingga akhir April 2024 kemarin, belum terdapat kasus flu Singapura yang teridentifikasi. Namun, Dinkes Bantul tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada. "Kami belum menerima laporan terkait kasus flu Singapura di Bantul. Kami berharap tidak ada," ujar Agus Tri Widiyantara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu 4 Mei 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini