Pidato Presiden Ukraina di Yunani Tuai Kecaman Partai Oposisi

Baca Juga

MATA INDONESIA, ATHENA – Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy berkesempatan berpidato di hadapan Parlemen Yunani. Namun, pidato sang presiden justru menuai amarah sejumlah partai oposisi di negara tersebut.

Pemicunya adalah kemunculan seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai anggota etnis Yunani dari battalion ultranasionalis Ukraina, Azov yang muncul dalam sebuah video.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Zelenskyy berbicara mengenai penghancuran pelabuhan Mariupol yang merupakan rumah bagi ribuan etnis Yunani. Untuk itu, dalam pidatonya sang presiden juga meminta bantuan Athena.

Dalam pidatonya, Presiden Zelenskyy menayangkan sebuah pesan dari seorang pria yang mengidentifikasi dirinya sebagai anggota batalion Azov, milisi sayap kanan yang sekarang menjadi bagian dari Garda Nasional Ukraina.

“Saya menyambut Anda, sebagai orang Yunani. Saya Mikhail, kakek saya berperang melawan Nazi. Saya ikut membela Ukraina melalui Batalyon Azov,” kata pria tersebut, melansir News Delivers, Jumat, 8 April 2022.

Presiden Zelenskyy – yang diundang untuk berpidato di parlemen Yunani oleh Perdana Menteri konservatif, Kyriakos Mitsotakis, menerima tepuk tangan meriah dari anggota parlemen yang hadir di ruangan tersebut.

Akan tetapi, video yang ditayangkan menuai banyak kecaman di media sosial dan kemarahan dari partai-partai sayap kiri. Beberapa saat usai pidato, Ketua Partai Syriza sayap kiri Yunani, Alexis Tsipras mengatakan insiden itu adalah provokasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Antisipasi Konvoi Kelulusan Pelajar, Polres Bantul Bakal Gelar Patroli

Mata Indonesia, Yogyakarta - Pengumuman kelulusan SMA, SMALB dan SMK akan dilaksanakan Rabu (7/5/2024). Polres Bantul mengimbau agar para pelajar tidak melakukan konvoi. "Kami mengimbau para siswa tidak melakukan konvoi yang dapat menggangu ketertiban umum dan masyarakat pengguna jalan," kata Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana S.Sn, Minggu (5/5/2024).
- Advertisement -

Baca berita yang ini