Petugas Gunung Gede Pangrango Temukan Anak ‘Burung Garuda’ yang Sudah Terancam Punah

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Petugas Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) berhasil mencatatkan sejarah baru. Pasalnya, pada 23 April 2019 lalu mereka berhasil menemukan salah satu satwa endemik kebanggaan Indonesia yang saat ini sudah langka.

Satwa yang dimaksud yakni seekor bayi burung elang Jawa yang kerap diidentikkan dengan lambang NKRI (burung Garuda).

Penemuan ini pun membuat para petugas sangat gembira. “Alhamdulilah, gembira kuadrat ini mah, sarang baru termasuk anaknya berhasil terpantau,” kata salah satu anggota tim monitoring TNGGP bernama Mukti, dikutip Selasa, 23 April 2019.

Anak elang Jawa yang ditemukan diperkirakan baru berusia sekitar 1-2 minggu. Karena masih sangat kecil, tim memutuskan untuk tidak terlalu sering memantau dari jarak dekat karena khawatir akan menganggu kenyamanan satwa tersebut.

Untuk diketahui, elang Jawa saat ini sudah berstatus terancam punah dalam IUCN Red List, dan ditetapkan sebagai satwa dilindungi sesuai Peraturan Menteri LHK Nomor 106 tahun 2018. Sementara di TNGGP, burung ‘Garuda’ dimasukkan ke dalam salah satu daftar satwa prioritas untuk ditingkatkan jumlah populasinya pada 2015-2019.

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini