Petani Milenial jadi Tumpuan Pembangunan Nasional

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Kalangan petani milenial diharapkan mampu menjadi tumpuan pembangunan pertanian bagi kekuatan perekonomian nasional. Tak hanya itu bisa menciptakan lapangan kerja bagi penduduk pedesaan, dan mengurangi kemiskinan. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Selain itu, para petani milenial juga diharapkan bisa mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kementerian Pertanian, katanya, mendorong pembangunan pertanian agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dan menjadi tumpuan kekuatan perekonomian nasional.

Untuk itu, kata dia diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, andal, serta berkemampuan manajerial, kewirausahaan, dan organisasi bisnis, sehingga pelaku utama dan pelaku usaha di sektor pertanian mampu membangun usaha tani yang berdaya saing tinggi.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan SDM Pertanian khususnya pelaku utama dan pelaku usaha adalah melalui kegiatan pendidikan vokasi,” katanya.

Mentan SYL mengatakan, Polbangtan sebagai pelaksana pendidikan vokasi merupakan pabrik pencetak generasi milenial, harus terus melakukan inovasi sebagai modal mahasiswa ketika terjun ke masyarakat

Sementara itu Dosen Prodi Teknologi Mekanisasi Pertanian Polbangtan Bogor Momon Rusmono mengatakan, salah satu bentuk sarana peningkatan kualitas SDM, Polbangtan Bogor menekankan penguasaan dan pemanfaatan iptek melalui inovasi dan teknologi menjadi keharusan dalam upaya meningkatkan kapasitas produksi, produktivitas, dan daya saing.

“Inovasi dan teknologi pertanian yang efisien akan mempercepat proses adopsi inovasi oleh petani, sehingga muatan teknologi dalam produk pertanian semakin meningkat dan daya saing menjadi kuat,” katanya.

Selain itu, inovasi dan teknologi diperlukan dalam pengembangan produk untuk meningkatkan nilai tambah, diversifikasi produk, dan transformasi produk sesuai dengan preferensi konsumen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini