Perusahaan IPO Terus Bertambah, Kepercayaan Investor Meningkat

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jumlah perusahaan yang mencatatkan saham (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencapai 777 dari total 888 perusahaan . Itu mencakup saham, obligasi, sukuk, dan efek beragun aset.

Pencapaian tersebut menjadi hal yang menggembirakan bagi BEI. Di tengah pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19 yang masih berlangsung.

”Dengan penambahan jumlah perusahaan yang mencatatkan sahamnya di BEI, mengindikasikan kepercayaan pelaku bisnis kepada pasar modal Indonesia, senantiasa terjaga dengan baik,” ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna, Jumat, 11 Maret 2022.

Pada 2021, BEI juga telah memperoleh capaian yang menggembirakan. BEI menjadi bursa efek dengan pencapaian jumlah perusahaan tercatat saham tertinggi dalam lima tahun terakhir di antara bursa ASEAN.

“Keberhasilan ini merupakan upaya seluruh stakeholders pasar modal yang disupervisi OJK. Untuk terus berupaya menjadikan pasar modal Indonesia lebih inklusif,” jelas Nyoman.

“Upayanya dengan memberikan kemudahan untuk semua tingkatan perusahaan. Diwujudkan dengan penyesuaian peraturan dan penyusunan kajian terkait mekanisme pencatatan saham,” imbuhnya.

Sejak awal 2022, ada 11 perusahaan yang mencatatkan saham di BEI, dengan total dana yang dihimpun Rp3,13 triliun. Lalu, masih ada 23 perusahaan dalam pipeline pencatatan saham BEI. Rinciannya, satu perusahaan aset skala kecil di bawah Rp50 miliar, 12 perusahaan aset skala menengah sekitar Rp50 miliar-Rp250 miliar dan 10 perusahaan aset skala besar di atas Rp250 miliar.

Hingga 10 Maret 2022, terdapat 22 emisi baru Efek Bersifat Utang dan Sukuk yang dicatatkan di BEI. Serta, diterbitkan oleh 18 perusahaan dengan total dana yang berhasil dihimpun Rp23,07 triliun. Adapun di pipeline, masih ada 11 perusahaan yang berencana menerbitkan 14 emisi Efek Bersifat Utang dan Sukuk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Semua Pihak Perlu Bersinergi Wujudkan Pilkada Damai

Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi di Indonesia. Pilkada tidak hanya sekadar agenda politik,...
- Advertisement -

Baca berita yang ini