Pertama Kali, Jember Jadi Tuan Rumah Festival HAM 2019

Baca Juga

MINEWS, JEMBER – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dalam waktu dekat bakal menggelar Festival HAM 2019. Rencananya, kegiatan ini akan diselenggarakan pada November 2019 di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Menurut Bupati Jember Faida, dirinya mengaku sudah menemui Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Habsara dan sejumlah aktivis menemui Bupati Jember Faida untuk membahas persiapan kegiatan tersebut. “Pertemuan ini untuk menyiapkan Jember menjadi tuan rumah Festival HAM yang merupakan kegiatan tahunan,” kata Bupati Jember Faida di Jember, Rabu 6 Maret 2019.

Ia mengatakan kegiatan festival itu akan menggelar pameran yang melibatkan banyak pihak, yang diikuti anak-anak, santri dan juga masyarakat.

Terkait anggaran penyelenggaraan Festival HAM, Faida mengaku telah disediakan dalam APBD Kabupaten Jember tahun 2019. Menariknya, festival tahun ini bertepatan pascapemilihan kepala desa serentak di 169 desa di Jember.

Faida menjelaskan ada hal yang berbeda dalam Festival HAM tahun ini. Yakni akan ada diklat HAM bagi kepala desa yang baru saja terpilih. “Mereka akan mengikuti diklat sebelum menjalani pelantikan,” ujarnya.

Setelah mengikuti diklat HAM tersebut, diharapkan para kepala desa atau lurah sudah bisa mempraktikkan pengetahuan HAM itu dalam kehidupan sehari-hari misalnya, bagaimana peran desa dalam permasalahan agraria.

Berita Terbaru

Pemerintah Gencarkan Pembangunan di Papua Sebagai Amanat Undang-Undang

Pemerintah Indonesia telah mengintensifkan upaya pembangunan di Papua sebagai bagian dari amanat Undang-Undang Otonomi Khusus Papua yang telah diperbarui...
- Advertisement -

Baca berita yang ini