Berdasarkan data yang dihimpun Satgas, pada 15 Mei angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia sebesar 2,76 persen. Sementara itu, persentase kasus angka kematian akibat Covid-19 di dunia sebesar 2,07 persen.

Apabila dibandingkan dengan angka kematian pada 5 Februari, persentase kematian di Indonesia mengalami peningkatan. Pada 5 Februari angka kematian di Indonesia sebesar 2,75 persen.

Di saat yang sama, persentase angka kematian dunia sebesar 2,18 persen. Oleh karenanya, Doni meminta daerah merinci penyebab tingginya kasus kematian.

Menurutnya, harus dipastikan apakah tingginya angka kematian karena pasien terlambat mendapatkan perawatan atau disebabkan stok obat yang sudah mulai berkurang.

”Apakah mungkin ada faktor komorbid yang relatif tinggi (di suatu daerah) atau ada kelompok lansia yang juga dikategorikan sebagai kelompok rentan,” kata Doni.

Faktor-faktor di atas menurutnya penting diidentifikasi karena negara harus memberikan perlindungan kepada warga yang terpapar Covid-19. Khususnya bagi kelompok rentan agar mendapat pelayanan yang lebih optimal. ”Sehingga jika mengalami gejala maka prioritas pertama harus mendapat perawatan,” kata Doni.