Permintaan Besar, Ekspor Helm ke Nigeria Terbuka Lebar

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Prakiraan angka penjualan motor di Nigeria pada 2021 mencapai 681,8 ribu. Peluang penjualan helm di Nigeria pun sangat terbuka.

Pada 17—19 Mei 2022, Kementerian Perdagangan RI melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos melakukan promosi produk suku cadang kendaraan dalam pameran dagang West Africa Auto Show (WAAS) di Landmark Centre Lagos, Nigeria. Selama pameran berlangsung, produk helm PT Tarakusuma mencuri perhatian perusahaan dan komunitas pengendara motor di Nigeria.

Pasalnya, produk ini selain memiliki warna yang menarik, juga digunakan pemenang MotoGP Argentina 2022. Para distributor juga tertarik karena banyaknya varian helm berstandar SNI.

Kepala ITPC Lagos Hendro Jonathan mengatakan, peluang penjualan helm sebagai standar keamanan berkendara di Nigeria sangat terbuka lebar. Lantaran pengguna sepeda motor di Nigeria meningkat. Peningkatan ini berkaitan dengan meningkatnya harga bahan bakar, buruknya transportasi publik, dan kemacetan di kota-kota besar di Nigeria.

Berdasarkan data statista.com, angka penjualan motor di Nigeria pada 2021 mencapai 681,8 ribu. Dengan rincian

  • On road motorcycles mencapai 356,6 ribu
  • Skuter 213,51 ribu
  • Off road motorcycles 111,7 ribu.

Sedangkan, selama 2021, motor merek Honda berpangsa tertinggi sebesar 27,3 persen. Kemudian Bajaj sebesar 15 persen. Hero sebesar 11,8 persen, TVS sebesar 7,3 persen. Yamaha sebesar 4,4 persen, dan berbagai merek dari Tiongkok sebesar 34,3 persen.

”Namun, dengan tingginya penjualan (kendaraan roda dua) tersebut, kesadaran pemakaian helm masih sangat kurang. Kecelakaan motor sering terjadi dan membawa korban. Plus minimnya penggunaan helm. Bahkan helm yang beredar di pasaran tidak memiliki standard yang jelas. Helm standar SNI produksi Indonesia, seperti BMC dan KYT, lebih aman dari merek murah yang beredar di pasaran,” kata Hendro.

Profil pengguna helm di Nigeria adalah komunitas power bike (motor >200 cc). Perusahaan ekspedisi, kurir daring, pegawai pemerintahan, dan militer. Nigeria memiliki jumlah komunitas power bike yang terbilang cukup banyak di Afrika Barat.

Saat ini ada sejumlah 10.000 pengendara power bike di Nigeria. Namun, belum banyak perusahaan penjual aksesori power bike, sehingga, para pengendara harus mendapatkannya dari luar negeri.

”Ini merupakan kesempatan bagi produsen helm dan juga aksesori power bike seperti helm, jaket, pelindung lutut, dan sebagainya untuk membidik pasar Nigeria. Produk Indonesia memiliki mutu yang baik dan layak,” ujar Hendro.

Harga ritel produk helm di Nigeria sangat bervariasi. Dari kelas terendah dengan harga daring satuan USD 6,70 sampai kelas power bike dengan harga minimal USD 101,6. Dengan sebagian besar produk helm asal Tiongkok. Hingga akhir pameran, Paviliun Indonesia mendapatkan beberapa permintaan produk helm dari komunitas power bike dan sejumlah perusahaan logistik di Nigeria.

Permintaan komunitas power bike adalah jenis helm premium merek KYT sebanyak 100—1.200 buah untuk permulaan menjadi distributor helm. Sedangkan, permintaan helm standar untuk perusahaan logistik sebanyak 100— 500 buah dengan tambahan aksesori pendukungnya.

Dalam pameran ini, ITPC Lagos menampilkan berbagai produk milik PT Selamat Sempurna (produk Sakura Filter untuk kendaraan, mesin industri, dan peralatan rumah tangga), PT Elang Perdana (produk Accelera untuk ban kendaraan), PT Astra Otopart (produk suku cadang kendaraan), serta PT Tarakusuma Indah (produk BMC dan KYT untuk helm motor).

”Berdasarkan permintaan selama pameran, terdapat 120 permintaan ban Accelera, 100 permintaan untuk Sakura Filter, 50 permintaan untuk Astra Otoparts, dan 17 permintaan untuk Helm Tarakusuma. Berdasarkan masukan pengunjung, baterai Astra Otoparts menarik karena kualitas dan garansi 18 bulannya, Sakura Filter dengan ragam filternya, serta ban Accelera dengan daya tahannya dan cocok dengan kondisi jalan di Nigeria,” ujar Hendro Jonathan.

Dalam pameran ini, potensi transaksi yang berhasil diraih sebesar USD 583,4 ribu. Dengan rincian USD 500,4 ribu untuk baterai Astra Otoparts, USD 42,2 ribu untuk transaksi produk Sakura filter dan ban Accelera, serta USD 40,8 ribu untuk helm KYT dan BMC.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini