Peringati HUT RI, Ribuan Pendaki Padati Puncak Gunung Lawu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Berbagai cara dilakukan untuk memperingati HUT RI ke-75. Salah satunya yang sudah biasa dilakukan oleh para pendaki di Indonesia, yakni melakukan upacara di puncak gunung.

Gunung Lawu menjadi salah satu tujuan pendaki untuk memperingati HUT RI ke-75. Hal itu terlihat dimana ada ribuan pendaki dari berbagai daerah di Indonesia memadati Pos Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, sejak Minggu 16 Agustus 2020.

Pandemi Covid-19 tak menyurutkan niat para pendaki untuk memperingati HUT RI ke-75 di puncak Gunung Lawu.

Humas KPH Lawu DS Eko Santosa mengatakan, tercatat ada sekitar 1.000 pendaki yang melakukan pendakian ke Puncak Gunung Lawu. Mereka masuk dari Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

“Pukul 15.00 Wib (kemarin), semua pendaki sudah kita berangkatkan. Karena pos pendakian ditutup lebih awal, yaitu pukul 16.00 Wib, sesuai imbauan Pak Bupati Magetan,” ujar Eko, Senin 17 Agustus 2020.

Seperti biasanya, jelang 17 Agustus setiap tahunnya, para pendaki melakukan pendakian ke puncak gunung yang dipilihnya untuk menggelar upacara. Begitu pula dengan para pendaki yang menuju Puncak Gunung Lawu.

Namun untuk tahun ini, para pendaki di Gunung Lawu diimbau tidak menggelar upacara di puncak untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Untuk upacara di puncak sementara ditiadakan. Karena pendaki sangat ramai dan masih dalam imbauan pemerintah di masa pandemi, di puncak tidak ada giat upacara,” katanya.

Nah sebagai gantinya, upacara HUT ke-75 RI digelar di pintu masuk Pos Cemoro Sewu. “Jumlah peserta upacara memperingati HUT RI ke-75 di Pos Cemoro Sewu dibatasi. Semua yang ikut diwajibkan mengenakan masker,” katanya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tindakan OPM Semakin Keji, Negara Tegaskan Tidak Akan Kalah Lawan Pemberontak

Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak melancarkan aksi kekejaman yang semakin keji. Maka dari itu, negara harus tegas untuk tidak...
- Advertisement -

Baca berita yang ini