Lima Pemain Berdarah Indonesia yang Main di Eropa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada banyak pemain sepak bola berdarah Indonesia yang merumput di Eropa dan biasanya berkebangsaan Belanda. Berikut beberapa di antaranya.

Tak banyak pemain Indonesia yang berkesempatan mencicipi kompetisi sepak bola Eropa. Sejauh ini hanya ada dua nama yang berhasil menembus Eropa, yakni Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk, Polandia) dan Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica, Serbia).

Ada beberapa nama lagi yang dikabarkan akan menyusul, di antaranya alumni Garuda Select seperti David Maulana, Brylian Aldama, dan Bagus Kahfi. Bahkan, Brylian sudah teken kontrak dengan agen luar negeri, Forza Sports Group.

Meski demikian, ada beberapa nama yang berkiprah di Eropa memiliki darah Indonesia. Paling banyak pemain berdarah Indonesia adalah di Liga Belanda, karena Indonesia pernah dijajah oleh Belanda. Tapi, tak semuanya main di Belanda. Ada juga yang main di Italia.

Berikut lima pemain berdarah Indonesia yang main di Eropa

1. Radja Nainggolan (Calgiari)
Nama Radja Nainggolan mungkin yang paling dikenal banyak orang. Dari namanya saja sudah jelas, Nainggolan. Radja lahir dari bapak asal Sumatra Utara, Marianus. Sementara ibu Radja berasal dari Belgia. Sempat bermain di AS Roma dan Inter Milan, kini Radja memperkuat Cagliari.

View this post on Instagram

That sounds as a victory… ?? ??

A post shared by Radja Nainggolan (@radja_nainggolan_l4) on

2. Emil Audero Mulyadi (Sampdoria)
Emil adalah kiper asal Italia. Dia lahir dari bapak asal Indonesia, Edy Mulyadi dan ibu asal Italia, Antonella Audero. Emil lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat. Tapi, Emil pindah ke Italia saat baru berusia satu tahun.

Setiap libur musim panas, Emil beberapa kali mengunjungi tanah kelahirannya di NTB. Sebelum memperkuat Sampdoria, Emil pernah memperkuat Juventus.

View this post on Instagram

Mood #quarantine

A post shared by Emil Audero Mulyadi (@emil_audero) on

3. Sandy Walsh (Zulte Waregem)
Sandy Wals bermain di Liga Belgia. Dia memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Birgitta Portier. Orangtua Birgita atau kakek dan nenek Sandy berasal dari Surabaya dan Purwoejo. Namanya memang belum terdengar. Tapi, beberapa kali dia pernah mengungkapkan keinginannya membela Tim Nasional Indonesia.

4. Jack Brown (Lincoln City)
Jack Brown memiliki darah Indonesia dari ibunya, sementara bapaknya asal Inggris. Bagi pemerhati Timnas level junior, pasti sudah pernah mendengar nama Brown. Dia pernah mengikuti pemusatan latihan timnas U-19 di 2017 saat dibesut Indra Sjafri. Tapi, Brown gagal lolos seleksi. Kini, dia kembali masuk pemusatan latihan timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong di Jakarta.

View this post on Instagram

National team ??

A post shared by @ jack9brown on

5. Joseph Simatupang
Mirip dengan Radja Nainggolan, Joseph Simatupang juga memiliki darah Medan. Bedanya, darah Indonesia didapat dari sang ibu. Saat ini Joseph bermain untuk klub Inggris, Blackburn Rovers U-18. Joseph disebut-sebut memiliki masa depan cerah. Kabarnya, sudah ada beberapa pemandu bakat yang memantau permainan Joseph.

View this post on Instagram

19/20 ?⚽️

A post shared by Joseph Simatupang Ferguson (@josephsimaferguson) on

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini